Apa sebenarnya Visi, Misi dan Program Kerja?

Menyambung posting saya tentang tidak jelasnya keberadaan dokumen visi, misi dan program kerja Cagub-Cawagub Jabar 2008, saya ingin membuka diskusi tentang cara menyatakan visi, misi dan program kerja yang baik.

Visi (vision) adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis.

Misi (mission) adalah pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang/akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini. Misi lebih terkonsentrasi ke saat ini dan merupakan target-target yang sifatnya lebih operasional yang mungkin dikaitkan dengan customer, proses-proses dalam organisasi, serta tingkat kinerja yang diinginkan.

Program Kerja adalah program-program nyata yang mungkin untuk diimplementasikan untuk mencapai misi perusahaan atau organisasi.

Kesalahan-kesalahan serta kelemahan-kelemahan yang sering terjadi ketika mendefinisikan hal-hal di atas, diantaranya adalah:

  1. Tidak jelas bedanya antara visi dan misi
  2. Tidak ada dimensi ukur dan nilai-nilai targetnya, sehingga sulit mengukur keberhasilan pencapaiannya
  3. Program-program kerja yang tidak nyata, tidak kongkrit, tidak membumi, cenderung masih jauh di awan

Bagaimana menurut anda?

About these ads

22 thoughts on “Apa sebenarnya Visi, Misi dan Program Kerja?

  1. Yang nomor 2 itu sangat penting pak Arry, kalau membuat alat ukur terhadap variable keberhasilan saja belum bisa, kayaknya saya sanksi apakah mereka dulu lulus metodologi penelitian ilmiah waktu kuliah dulu :).

  2. Yang nomor 2 itu sangat penting pak Arry, kalau membuat alat ukur terhadap variable keberhasilan saja belum bisa, kayaknya saya sanksi apakah mereka dulu lulus metodologi penelitian ilmiah waktu kuliah dulu :).

  3. Ya pak ..
    Ndak usah jauh-jauh … Saya pun suka kebalik-balik …
    Belum lagi kalau dikaitkan dengan Strategy vs. Action Plan …
    Ini pun juga makin ribet …

    Namun yang jelas … saya sangat setuju …
    Program kerja atau Action Plan itu harus ada Target yang SMART nya …

    Ibarat kata … kalo mau lari harus tau garis start dan juga tau garis finishnya …
    (sebab kalo tidak tau “garis” finish … kita gak tau apa kita udah sampe apa belon … )(yang ada cuma cape keringetan saja …)
    (Kalo gak tau garis “start” … lah ini lebih berabe lagi …)

    (ah kok jadi kepanjangan nih pak ..)(punten ya …)

  4. Btw kalo boleh tahu definisi : visi, misi dan program kerja diatas merupakan definisi dari pak arry atau pak arry ambil dari suatu sumber ?

    kompilasi dari berbagai sumber plus interpretasi pribadi supaya jadi sederhana tapi efektif…

  5. Visi, Misi dan programm kerja sebenarnya sebuah tema yang umum berlaku dalam sebuah organisasi. baik itu pemerintahan, perusahaan maupun organisasi sosial lainnya.

    walaupun umum, tapi terkadang dan sering orang melupakannya. padahal ketiga poin itu sangat fundamental dalam menjalankan sebuah roda organisasi. tanpa ketiga poin tersebut. sebuah organisasi akan kehilangan nyawanya.

    saya berencana akan menulis artikel yg berkaitan dengan visi misi. kemungkinan saya akan jadikan artikel ini sebagai pelengkap data.

    SALAM SUKSES = BLOG MOTIVASI MENTAL =

  6. Pak,mohon penjelasan apakah definisi visi dan tujuan berbeda?karena dari penjelasan bapak,visi adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis. Terima kasih pak

  7. Intinya siii idemmm aja, tapi mmang permasalahan yang biasa terjadi tampaknya kita belum dapat memahami dan membedakan secara utuh apa itu visi, misi, dan program. saya harap Mas bisa ngasih contoh konkretnya agar kita dapat memahami lebih jelas. terima kasih……!

  8. Dear,
    Saya sebagian stuju dengan beberapa pendapat sebelumnya. Tetapi menurut saya, visi adalah sesuatu yang ingin dicapai misalnya katakan oleh suatu perusahaan. Artinya bila perusahaan tersebut memilih pimpinannya 5 tahun sekali, maka visi itu berlaku 5 tahun juga. Bila ada penggantian pimpinan baru berarti harus buat visi yang baru juga . Itu juga dapat merupakan dasar penilaian bagi pimpinan tersebut , apakah ia berhasil mencapai visi nya atau tidak. Dan itu harus sesuatu yang dapat dicapai. Namun bila cita-cita itu sangat jangka panjang, maka itu namanya bukan visi, tetapi aim. Apa yang akan dicapai nanti …… oleh perusahaan tersebut , setelah melalui beberapa waktu. Mungkin setelah melalui beberapa kali penggantian pimpinan. Sedang Misi, itu kenderaan yang akan digunakan atau dipakai untuk mencapai visi tersebut. Disitu akan tertulis bisa kebijakan, budaya kerja, moto, dan diturunkan lagi menjadi strategi hingga taktik.
    Demikian pendapat saya firends

  9. Thanks atas penjelasannya. Bagaimana membuat tamsil/perumpamaan antara visi, misi dan program kerja. Mohon balsannya dan terima kasih.

  10. Aku lebih setuju jika pengertian “Misi” dari Web atau Blog Ini adalah gabungan dari pendapat Arif S dan Arry Akhmad Arman digabungkan dan diedit menjadi Misi adalah: “pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang/akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini dengan menonjol kelebihan-kelebihan perusahaan, serta strategi dan taktik yang digunakannya agar tujuan tersebut dapat dicapai”. aku kurang setuju sama pendapat Arif S yang bilang kalau pengertian Misi hanyalah kendaraan untuk mencapai visi. karena misi adalah tujuan serta alat-alat termasuk kendaraan juga untk mencapai tujuan itu. bukan pengertiannya hanya kendaraan saja untuk mencapai tujuan atau visi. karena pengertian kalo kendaraan untuk pencapaian tujuan itu adalah sistem

  11. Ping-balik: a « stf81100006

  12. Ping-balik: PROFIL PONPES KULON BANON « stf081100048

  13. Saya sangat senang dgn penjelasan visi misi, tp kalo bisa ditulis juga contoh2x biar kita tau. Perbedaan antara visi misi dan tujuan. Terima kasih.

  14. Memang suka binhgung visi dan misi itu apakah tidak sebaiknya diganti saja istilah itu degan kalimat yang mudah dimengerti, tetapi apa ya kira kira kata gantinya..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s