SMS Banking BNI Benar-Benar Parah!!!

Ini adalah posting saya yang kesekian kali untuk kasus yang berbeda dari SMS Banking BNI yang harus membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi SMS Banking.

Pada tanggal 29/08/2008, jam 12.03 (menurut catatan SMS di telpon saya) saya melakukan perintah transfer SMS Banking sebesar Rp 1.000.000. Beberapa detik setelah pengiriman perintah transfer melalui SMS, saya mendapatkan SMS balasan seperti ini “Mohon tunggu, saat ini transaksi Anda sedang diproses. Cek saldo atau mutasi rekening Anda. ………..“.

Saya pikir, ini suatu kemajuan layanan SMS Banking BNI setelah beberapa kali mendapat kiritikan karena sistem sering tidak memberikan respon sama sekali. Mari kita baca kembali pesan balik tersebut. Ada kalimat “transkasi anda sedang diproses“, menurut saya pesan tersebut mempunyai konotasi bahwa permintaan kita sedang diantrikan untuk diproses, dan mungkin dalam beberapa menit (atau mungkin maksimal 1 jam) akan dieksekusi, lalu kita akan mendapatkan konfirmasi lagi. Ingat ini jaman serba IT, jika waktu tunggunya bisa berjam-jam atau berhari-hari, mendingan layanan ini dibuang saja, masih lebih cepat pergi ke ATM dari pada menunggu antrian proses di SMS Banking.

Nah menariknya, sampai hari ini (6 hari sejak perintah transaksi), ternyata saya cek, perintah tersebut tidak pernah dijalankan oleh sistem SMS Banking BNI, dan saya harus melakukan pengecekan sendiri, tidak mendapat konfirmasi lagi dari BNI bahwa transaksi kita gagal untuk dilakukan.

Saya paham, SMS balasan yang meminta menunggu tersebut mungkin sudah dikonsultasikan dengan orang hukum untuk menghindari tuntutan hukum terhadap BNI dari customernya, tetapi sekaligus itu juga menjadi bukti “rendahnya kualitas layanan SMS Banking BNI” sehingga tidak berani memberikan sesuatu yang lebih pasti kepada nasabahnya. Terlihat dari adanya kalimat “Cek saldo atau mutasi rekening Anda.”. Dengan pesan tersebut, BNI tetap benar jika nasabah tidak mengecek ulang saldo atau mutasi rekeningnya! Satu cara yang sangat tidak berpihak ke nasabah!

Saya ingin memberikan beberapa saran kepada BNI:

  1. Buatlah layanan yang dilandasi semangat untuk memberikan manfaat sepenuhnya kepada nasabah, bukan membuat layanan yang merepotkan nasabah dan sedemikian rupa aman dari tuntutan nasabah!
  2. tentukan batas waktu maksimal untuk transaksi yang terpaksa tidak dapat dieksekusi. Menurut saya, batas waktu tersebut tidak lebih dari 5 menit. Jadi, setelah lewat batas waktu tersebut, nasabah akan mendapat pesan SMS bahwa transaksi tidak dapat dijalankan, dan meminta kepada nasabah untuk mengulang kembali transaksi tersebut.
  3. Buatlah SLA (Service Level Agreement) yang mendukung dengan partner-partner bisnis BNI untuk layanan SMS Banking, sedemikian rupa sehingga SLA BNI kepada customernya aman untuk dicapai.
  4. Lakukan audit sistem IT secara teliti! Saya yakin, banyak improvement yang dapat dilakukan!
  5. Kalau tidak sanggup, sebaiknya layanan ini ditutup saja!

Andai saya bukan dosen ITB yang terpaksa harus punya account BNI, mungkin saya sudah menutup semua account saya di BNI. Dipikir-pikir kembali, memang, mungkin BNI bukan besar karena profesionalisme layanannya, tetapi karena captive nasabahnya yang terpaksa menjadi nasabah! Buktinya keluhan seperti ini yang sudah saya sampaikan beberapa kali tidak pernah mendapat tanggapan!

He-he-he, lama-lama saya kesel juga nih, nampaknya sudah perlu kasus ini dijadikan SLIDE kuliah LAYANAN IT untuk memberikan CONTOH LAYANAN IT yang BURUK.

Posting terkait:

  1. SMS Banking BNI Payah!
  2. SMS Banking BNI Memang tidak Handal?
  3. Burukkan Kinerja Indosat untuk SMS Banking?
  4. Perusahaan Harus Mulai Rajin Membaca Blog!
About these ads

119 thoughts on “SMS Banking BNI Benar-Benar Parah!!!

  1. Sabar Pak ^_^
    Mendengar postingan Bapak, saya kemudian teringat KTM saya dan hasilnya..
    saya baru sadar kalau ilang -_-
    Memang jarang saya pakai untuk transaksi.

    Salam kenal Pak.

    Ade Bayu
    EL ’04

  2. Coba internet banking-nya saja Pak…
    Saya pengguna internet banking BNI, dan lumayan memuaskan…

    Ya, saya pengguna aktif Internet Bankingnya juga, makanya saya bisa tahu bahwa transaksi saya tidak dieksekusi. Ketika didepan komputer saya selalu gunakan Internet Banking, tetapi ketika kebetulan jauh dari laptop dan akses internet dan saya perlu memindahkan dana, sms banking lah sebetulnya solusinya.

    Satu kelemahan utama Internet Banking BNI: tidak bisa transfer antar Bank, sementara bank lain pada umumnya bisa! Ini cukup mengganggu juga!!!

    • internet banking seperti sifut… lelet setiap awal bulan 1-5 -__- ada apa ini… mungkinkah dikarenakan bnyaknya transaksi di awal bulan????

  3. Selama pakai BNI SMS banking memang pernah transaksi ga berhasil 2-3 kali.

    Ga pernah nerima SMS “Mohon tunggu, saat ini transaksi Anda sedang diproses. Cek saldo atau mutasi rekening Anda”.

    Kalo transaksi gagal paling 2-3 hari lagi udah bisa. Indikasi gagalnya cuma ada 2, ga ada SMS balasan sama sekali atau langsung ada SMS balasan, “Maaf, transaksi tidak bisa diproses, bla…bla…bla…”.

    Terpaksa punya akun BNI ga berarti mesti pake layanan SMS banking-nya, kan? Buka aja rekening baru.

    Anak2 ITB aja banyak yang pada buka rekening Muamalat di belakang Salman. Rekening mahasiswa buat urusan SPP aja katanya.

    Bapak lagi ga beruntung aja kali.

  4. Bru liat,dosen itb mrah2 kya bgini,,
    Klo nympe bgini,brarti emang udh nympe k ubun2 kpala,,
    Btul om!emg bner..ni aja kta lg nunggu cek saldo,,pdahal udh brapa kali ngrm,,

  5. Tepatnya, bukan marah-marah, kripik pedas (eh…, kritik pedas) dengan berlandasan fakta dan ngasih saran pemikiran secara gratis. Hebatnya, walaupun info ini sudah saya sampaikan ke orang BNI, tidak pernah ada yang respon! Itulah BUMN kita! payah!

  6. santai aja pak…masih banyak masalah lain yang mesti kita kesalkan…simpan energi bapak masalah kredit bagi rakyat miskin yang sudah pasti tak bisa kaya karena syarat klucuran kredit yang berpihak ke orang kaya

  7. Waduh pak, terima kasih atas infonya. Saya di Depkeu juga ‘terpaksa’ punya account BNI untuk transfer gaji. ‘Terpaksa’ daripada gak dapet gaji Pak. hehehe…

    Tapi saya ndak mau pakai m-Banking BNI. Saya sudah setahun ini pakai m-Banking BCA. simple, fitur transaksinya user friendly, dan tiap kali transaksi, langsung dapat notifikasi bahwa transaksi kita sukses/gagal. Tidak pernah ada perintah suruh menunggu. kalo menunggu mah mending ke ATM aja. Ngapain? Lha wong saya pakai M-Banking nya pas di tempat tidur loh pak. hehehe.

    Ma’af ini bukan promosi, tapi sharing pengalaman saya. Praktis account BNI saya cuman dipakai utk ambil gaji doank Pak.

  8. Jujur saja sy belum banyak tahu mengenai sms banking tapi setelah membaca kompli2 dari beberapa nasabah sy menurunkan minat sy untuk menggunakan layanan sms banking.

  9. Jaman sekarang uang ditabung di Bank Rugi….(Bukan ngajak gak nabung lho..) Pajak BNI Lihat aja Besar Banget… …., Orang kecil seperti saya dalam 1 tahun uang bisa habis tu dimakan ama adminitrasi Bank..

    Yang saya tahu (orang awam nih…), tehnologi sebenarnya makin canggih makin mudah dioperasikan dan memberi kita kemudahan. tapi kalo dilihat sekarang makin tambah bikin ruwet, pusing,

    jaman emak saya dulu. nabung .. walau uang tinggal 20ribu disimpan ampe 1 tahun gak bakal habis malah tetep dapat bunga…. ,.sekarang… waduh… ciloko.

    jaman jaman .

    Arry:
    Memang betul….. dan aneh….
    IT harusnya membuat banyak hal lebih efisien dan lebih murah….
    tapi malah dijadikan kesempatan untuk mengambil untung tambahan.

    Contoh: tarif SMS sudah turun (bahkan gratis), anda masih dikenakan biaya Rp 1000 untuk
    setiap transaksi SMS Banking! Bahkan hanya cek saldo, seribu perak juga!!!

    Memang keterlaluan!!!

  10. saya lancar2 aja pak

    Arry:
    Coba lebih sering….
    ada saat-saat dimana hal itu terjadi dan terjadi lagi….
    saya belum mengamatinya, kemungkinan di awal-awal bulan salah satunya.

    yang pasti sampai saat ini, mungkin 10% dari transaksi SMS banking saya di BNI
    mengalami kasus “no response” dari pihak Bank!

  11. Sepertinya saya ga pernah ada masalah dengan BNI SMS Banking..Mungkin karena area atau daerahnya yang mempengaruhi ya.. Selama saya bergabung dengan SMS Banking tidak pernah ada keterlambatan..Paling lambat 5menit laporan sudah saya terima. Malah sering sekali delivery report saya belum datang malah jawaban dari BNI sudah sampai..Apa lagi sampai ada jawaban “Mohon tunggu, saat ini transaksi Anda sedang diproses. Cek saldo atau mutasi rekening Anda. ………..“, waduh ga pernah dapat.

  12. wah… saya baru aja transfer duit lewat sms banking bni bro..

    250ribu… baru pertama kali nyoba,,, cepet kok… beberapa menit langsung ada sms balesan, duit telah transfer…

    saldo juga udah bekurang… mudah-mudahan aja bener dah kekirim… :)

    kalo soal biaya,, yah lebih murah dikit lewat sms… kalo lewat atm juga mesti bayar pakir… :)

  13. saya jg sering punya masalah dg sms banking BNI. berulang kali saya transaksi tidak ada reportnya sama sekali. jadi saya tidak tau apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak.
    capek juga nih, ada fasilitas yg seharusnya mempermudah tp kok malah bikin susah.

  14. saya baru memakai sms banking Mandiri, nah hasil nya cukup memuaskan (sampai saat ini) Responnya cepat dan tepat sasaran..hihi

  15. Ikut nimbrung nich…kalau kita melakukan transaksi menggunakan sms banking melalui jasa bank tertentu apa yang kita dapat mas ??? dapat bonus, royalty atau rewards ngak ??? Dan ada biaya tambahan ngak untuk menggunakan jasa sms banking tersebut dari bank ? thanks in advanced atas info nya…mas/mba

  16. @SONTANI
    jujur pak, saya daftar sms banking mandiri..
    karna tergiur promonya :D
    isi top up im3 min.50ribu lewat sms banking.. dapet bonus pulsa 50% mantaabb kan!!

    cek tkp aja klo gak percaya. hehe

  17. trus undur diri dari sms banking gmn caranya? kalo memang tarif semua sms sudah turun, kenapa ini kok tetep segitu ya? memang sih, setuju dg mas katrox, technology gak makin memudahkan dan mendukung aktifitas, tapi malah membebani. dah udah gitu transaksi yg dilakukan lewat teller (pengambilan uang) langsung kena potongan rp 2.500, gmn ni bni.

  18. bukan menyarankan tapi utk pertimbangan bapak saja, saya memang buka 2 rekening (Mandiri dan BNI) saya pilih mandiri karena begitu mudah sms banking apalagi ada menu di T-Selnya tinggal pilih2x menu yg tersedia, alhamdulillah sampai saat ini nyaman bertransaksi, kalau pun gagal transaksi tidak lebih 10 menit sdh ada informasi balasan. sedangkan saya buka rekening BNI ya seperti bapak alami juga, krn sbg dosen yg gajinya harus diterima via BNI, tentang smsbanking ogah lah masik harus ketik2x manual…hehehe…

  19. Kebetulan saya juga mengalami masalah akhir2 ini dengan sms banking BNI karna transaksi saya benar2 dicuekin, tanpa balasan, padahal menjelang lebaran saya butuh banget dengan sms banking tersebut.
    Kalo boleh saya usul, sebaiknya kita lakukan class action untuk menggugat sms banking BNI baik melalui YLKI ataupun secara hukum perdata.
    Di mana kami (nasabah yg komplain) bisa menghubungi Bapak melalui japri?

  20. Parah.. Parah.. Sms banking im3_bni saya bisa ngisi pulsa operator seluler lain tpi tidak bisa ngisi nmr saya sendiri.sudah diadukan ke BNI tapi tetep gak bisa sampai skarang.

  21. untuk pihak BNI, mohon cari programmer yang emang handal, dan jangan pake programmer ecék-ecék.
    kalo dilihat secara teknis, masalah yg dihadapai nasabah adalah metode ‘retrievement’ sms from device tidak sinkron. sehingga inbox pada GSM modem tidak dapat diproses secara keseluruhan, dan keburu di ‘delete (AT+CMGD)’. atau bisa jadi masalah translasi dari PDU to text.

  22. SMS banking BNI rentan kesalahan untuk transfrer karena tidak ada konfirmasi rek tujuan atas nama siapa sebelum kita melanjutkan transaksi. Nama dari empunya rekening tsb keluar setelah transfer……kalau salah ketik apa jadinya???

  23. @hari maryawan : haha .. anda ini ngomong apaan ya ? belum pernah membuat SMS Banking or atau system SMS dengan shortnumber dari operator ya ? AT Command ngga ada urusan dengan hal ini .. apalagi PDU .. *lol*

  24. Kalo di BNI, aku cuma buat terima dana aja, jadi gak ada masalah berarti sih.
    Tapi makasih infonya. Kalo gitu, aku gak akan pernah melakukan transfer lewat sms banking untuk berjaga2.

  25. @Adi : sepertinya anda kebakaran jenggot ya dengan komentar mas Hari. jangan-jangan andalah programer ecék-ecék yg disebut dia. wah, mas belajar dulu dah, kalo dah manteb baru komentar. saya aja sering mengalami gagal transaksi pake sms-banking-nya BNI. kalo sekali dua kali sih wajar, ini mah setiap kali transaksi gagal terus, malah pernah saldo berkurang, tapi transfer dana tidak sampai. kalo orang amrik nyebutnya ‘JANCUK’

  26. Menurutku, sekarang BNI SMS Banking dah oke punya kok pak… kalau memang ada kesalahan teknis ya namanya teknologi kan gak ada yang sempurna.. hehe

    CMIIW

    salam

    Reza

  27. Rekan-rekan semua, memang baru sampai disinilah kondisi faktual negara ini. Teknologi berkembang jauh lebih cepat dari kemampuan institusi pemerintah yang harus mengawasi dan menjaga kualitasnya.

    Jangan kaget kalau besok lusa muncul kejahatan SMS Banking, bahkan ada yang bisa menciptakan “uang palsu (berbentuk elektronik” dalam kartu semacam Flash BCA.

    Kualitas layanan seperti itu semua secara teknis memang belum ada yang mengatur di negara ini. Semua masih sibuk dengan urusan bagi-bagi kue kekuasaan ……….

    Mudah-mudahan semua ini segera bisa diatasi ….

  28. saya menggunakan internet bankingnya BNI. dan meraka tetap saja ‘istiqomah’ dengan buruknya layanan. login berulang, isi pulsa banyak gagalnya, berita transaksi paling tidak jelas (setidaknya dibandingkan dg BCA, Mandisi, BSM yg saya gunakan). Soal bayar2 mending pake BCA deh…parah benar… maklum Bank plat merah ya begini ini profesionalismenya :(

  29. kemarin saya jg melakuakn transaksi transfer lewat sms banking. ada balasan “mohon tunggu transaksi sedang kami proses.cek saldo atau mutasi rekening anda.” nah sampe skr belum ada juga sms balasan apakah transaksi berhasil atau gagal. pas saya cek saldo, saldo tetep belum berkurang. kalau saya ulangi transfer lagi kan tadi dibalesan sms ditulis transaksi sedang dalam proses, kl saya transfer lg jd ke transfer 2 kali gak ya…biasanya sampe berapa hari sih nunggunya, aduh jadi bingung nih. pas saya telp ke no 68888 telpnya diangkat tapi gak ada suaranya pulsa semakin berkurang. gimana dong ada yg bisa ngasih solusi?

  30. Ping-balik: Capacity Planning & Eterprise Business Performance |

  31. kayaknya perusahaan BNI butuh pegawai baru yang lebih handal untuk membuatkan program SMS bankingnya. saya juga sudah mengalaminya nih… saya malah dapat balasan tapi berupa confirm. dan disuruh jawab YA atau TIDAK. tapi ketika saya jawab YA. balasan dari BNI “Maaf, perintah transaksi anda salah”. parah banget tuh BNI….

  32. uahh….. tadi saya baru saja mengecek di internet soal kegagalan transaksi via sms banking bni. eh… akhrinya bisa temukan jawaban di sini. saya udah coba berulang kali mentransfer uang ke rekening teman saya tapi ga jadi-jadi juga. pulsa melayang, ad gua juga kelaparan terus karena uang makannya belum dikirim. mau ke atm atau kantor bni, lagi hujan n jalanan becek. saya mengalami persis seperti yang dialami ajurNA. saya berharap kalau ada orang-orang BNI yang kebetulan baca komentar-komentar di sini (yang kemungkinan sebagian besasarnya dari nasabah BNI di republik ini) dicari solusinya atau paling tidak disosialisasikan kepada masyarakat lewat media massa kalau memang sistem sms bangking BNI sedang ada gangguan. kami menanti respons anda. semoga BNI bisa melayani dengan lebih baik. salam

  33. BNI ANJING…………..!!!!!!!!!!!

    SMS Banking nya bikin Emosi………….

    BNI ANJING………..!!!
    duwit gw ilang Njing………

    pas ada perintah suruh forward dan ketik iya…
    udah aq kirim n ada balasan perintah salah!!!!
    gw kirim lagi… masih salah…sampek 4 kali…

    tiba2 ada tulisan saldo tidak mencukupi……..

    ANJIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINGGGGGGGGGG

  34. Saya transaksi BNI sms banking sebulan ini gagal karena format nya lebih dari satu kali dan bikin bingung. kena debet pemakaian pulsa berkali-2 . sekali Rp550,-. kenapa nggak konsisten. soialisasikan dulu donk

  35. kalau Aug lalu tranfer 2jt ke atsa baru di minta forword
    sekarang 1jt diminta juga . tapi
    pas ada perintah suruh forward dan ketik YA
    udah aq kirim dan ada balasan perintah salah!!!!
    gw kirim lagi… masih salah…sampek berkali2…

    Pusing… pulsa sampe habis masih salah aja…

    tolong BNI yang bener gemana…?

  36. Sms banking BNI Parah pisan uy.. Dah dua bln g ada perubahan sistem ga ada sosialisasi.. Pmintaan maaf kek.. Dah disedotin pulsa tiap transaksi (berkali22 gagal).. Ganti rekening aj kl y..

  37. coba dibaca baik2 sms balasan dari bni nya..
    untuk konfirmasinya itu diforward semuanya baru ketik YA tanpa spasi
    kalo cuma kirim YA aj ya salah….

  38. haduh….sya lgi kena masalah juga neh, forward kata YA itu setelah kata apa? cz sya forward semuanya masih juga salah, forward sampe titik juga salah, serba salah semuanya, pulsa habis, transfer gagal, berantakan semuaanyyyaaaaaaaaaaaa

  39. Bagi yang dulu sering mengirim dengan SMS banking, ini contoh berita yang diperoleh setelah kita berikan perintah pengiriman uang melalui sms :

    28/08/2010 15:52 Trf ke rekening 01399xxxxx a/n Sdr ANxxxxS SAxxxxA,Rp.1047200 berhasil.Berita: JUAL LR 120.36 Reff:0252xx. Hapus SENT ITEM Anda

    Tapi belakangan ini menjadi :

    08/09/2010 12:09 Trf Rp1722600 ke 013518xxxx-Sdr MUHAMxxx HA,Ref:700xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#

    Nah, Kalau kita tidak forward, maka transaksi tidak berhasil.

    Untuk memproses transaksi sms banking anda sampai selesai, kirimkan sms yang anda dapatkan itu (diforward) ke 3346. Jangan menghapus tanda # itu karena itu adalah untuk membaca perintah yang anda masukkan.

    Jadi yang anda lakukan adalah forward kembali pesan itu dengan Tulisan YA atau TIDAK di bagian akhir sms itu, tanpa spasi, dan kirimkan ke nomor 3346. contoh :

    08/09/2010 12:09 Trf Rp1722600 ke 013518xxxx-Sdr MUHAMxxx HA,Ref:700xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#YA

    Setelah itu, akan ada berita konfirmasi bahwa pengiriman dana anda sudah selesai dan sukses.

    Semoga bermanfaat.

  40. Saya selama ini pake BNI Sms Banking Alhamdulilah tidak ada masalah berarti.

    Klo pun pernah salah itu krn kesalahan saya yang TIDAK MEMBACA balasan sms dengan benar. Sehingga pada saat reply/ forward terjadi kesalahan.

    Memang sekarang ini utk semua transaksi transfer kudu ada konfirmasi dulu baru dilaksanakan. Hal ini memang lebih aman, walaupun memang jadi memakan pulsa kita.
    Gak papalah, yang penting aman dan transferan kita tidak salah tujuan krn kesalahan kita mengetik nomor rekening.

  41. Asem tenan sms banking BNI, zamannya katanya semakin canggih, malah merepotkan, bedes tenan…….

    informasi seperti ini:
    “Jadi yang anda lakukan adalah forward kembali pesan itu dengan Tulisan YA atau TIDAK di bagian akhir sms itu, tanpa spasi, dan kirimkan ke nomor 3346. contoh :

    08/09/2010 12:09 Trf Rp1722600 ke 013518xxxx-Sdr MUHAMxxx HA,Ref:700xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#YA”

    mana ada di website BNI, tidak ada sosialisai. saya butuh transfer uang emergensi yang tidak bisa dilakukan di ATM ataupun internet banking, satu2nya harus pake sms banking, jadi kacauuu, siaLLLLL

  42. Awalnya masih binun… tp karena mw usaha, akhirnya ngerti dan bisa jg…
    sekarang setiap saya transfer g pernah ada masalah..
    asal kita mw usaha aja semua beres… ^_^ dan g repot lg kebank/ ke ATM terdekat….
    org bijak bilang “Biar kerja lambat tapi berpikirlah cepat”
    ^____^ Alhamdulillah lancar, sabar dan teruslah mencoba anda pasti bisa.. <3

  43. Trf norek nominal pin kirim ke3346

    Contoh:
    trf 09887xxxx 1000000 456xxx
    kirim ke3346

    08/09/2010 12:09 Trf Rp 1000000 ke 013518xxxx-Sdr MUHAMxxx HA,Ref:700xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#

    klo ada balasan seperti diatas, edit aja smsnya (jgn dibales atau ngetik baru, krn jk salah ketik g bakal bisa. bs2 naik darah..kwkwkw) terus dibelakang tanda # ketik aja YA (#YA) terus kirim ke3346

    contoh:
    08/09/2010 12:09 Trf Rp1000000 ke 013518xxxx-Sdr MUHAMxxx HA,Ref:700xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#YA

    Bereskan… Sy br transfer jg Alhamdulillah g ada masalah… ^___^

    klo takut lupa cara2nya, copas aja info ini, print out.. simpan didompet…
    beres dah… :)

  44. klo saya ada massalah dari internet banking pak,,saya tidak bisa lihat mutasi rekening,,tulisannya suruh menunggu trus dari tadi siang,,transaksi bisnis saya jd terganggu,,padahal hari ini banyak transaksi keluar masuk uang ke rekening,,,payah,,udh saya tlp CS nya,,

  45. sdh berkali2 minta cek saldo lewat sms banking, nga ada balasan. Yang ada pulsa terus berkurang. Apa ada penggantian? Hrsnya pulsa dikurangi klo ada sdh ada balasan.

  46. mau tanya nich,.? Apaka kalu memakai tabungan yg di sebut tbungan taplus BNI ada biaya pajak atau biaya lain dalam perbulan/permingu,yg langsung memotong saldo,mks atas jwaban nya..

  47. Sejak sistem SMS banking dirobah hasilnya justru sangat merugikan kami nasabah, kami jadi sulit utk melakukan cek saldo dan top up pulsa, karena perintah layanannya sulit utk dimengerti, pulsa habis hasil tidak ada. ah….. BNI Bangking Payah…… coba kembali ke sistem yg semula yg agak gampang utk cek saldo dan top up pulsa.

  48. Mohon info…untuk balasan transaksi cek saldo.
    contoh ketik digit ke 2&5 pin anda. udah di ketik ndk bisa juga..,balasanya : Perintah yang anda ketik salah. Wes mumet. kok BNI makin Payah…

  49. mohon bantuannya,,,,, kaya yg mau minta sumbangan aja ya?
    sya mau minta tolong buat semuanya, kalo transfer ke bank lain lewat sms banking yg baru formatnya gmna ya? tolong ksh tau ya,, buat yg udah berhasil dari sms banking bni nya yg udah banyak ngabisin pulsa saya…….

  50. Emang Parah Banget ! Saya Udh Ga Terhitung Dikecewain Yg Namanya SMS Bankingnya BNI. Saya Juga Terpaksa Jadi Nasabah BNI. Alhamdulillah Skr Kantor Saya Mengharuskan Pegawainya Pindah Dari BNI Menjadi Nasabah Bank Mandiri.

  51. LAMA TIDAK CEK SALDO VIA BNI SMS BANKING

    TIDAK BERARTI ADA KENDALA YG HARUS SAYA HADAPI TOH
    TADI SORE SAYA CEK SALDO, ADA KIRIMAN DARI KAKAK
    SESUAI PROSEDUR, ISI SMS SAL DAN SEND KE 3346 TIDAK BERUBAH

    TAPI KENAPA ADA JAWABAN:
    08/11/2011 17:03 Informasi saldo rekening 11789xxxx Utk diproses,reply sms ini.ketik digit ke- 1&4 PIN Anda

    DAN SAYA LAKUKAN SEPERTI PERINTAH DIATAS, DAN JAWABANNYA:
    8/11/2011 18:15 Maaf, perintah yang anda ketikan salah (?????????)

    LALU SAYA COBA LAGI, DAN JAWABANNYA:
    08/11/2011 17:51 Informasi saldo rekening 11789xxxx Unt diproses,reply sms.ketik digit-5&3 PIN Anda

    KARENA SAYA CURIGA, LALU SAYA HENTIKAN PROSES TSB
    KARENA HUJAN, SAYA BELUM SEMPAT CEK SALDO VIA ATM LANGSUNG MALAM INI, SEMOGA TIDAK TERJADI APA – APA, BETUL – BETUL MENYEBALKAN, HARUSNYA MEMPERMUDAH NASABAH KOQ MALAH MEMBUAT BINGUNG…..

  52. wah..betul tuh, sejak kemarin coba cek mutasi rekening ndak, bisa eh..mau coba cek mutasi rekening lewat ATM juga ndak bisa ,alhasih harus lewat ..print di counter bni dengan antre yang luama …eman waktu lah ..waktu habis untuk itu….coba di perhatikan lagi buat ..BNI ya..biar tidak payahhhhhhhh…..

  53. bukan nasabah BNI

    niatnya pengen baru mo buka rekening BNI ech koq pas baca2 info kaya begini jadi ragu nich…..berarti lebih lancar muamalat donk……
    di urungkan dulu ach niat nabung di BNI, BNI apa BCA ya…..

  54. Aneh,,,,Aneh,…Aneh …Sunggug aneh BNI Saya nasabah BNI syariah dan tiap bulan saya transfer ke no rekening virtual account BNI Syariah,karena kantor Bank BNI jauh dari tempat tinggal saya dan untuk memudahkan transaksi saya aktisifasi SMS BANKING BNI di kantor cabang pembukaan rekening…. selanjutnya saya coba isi ulang pulsa via sms banking dan berhasil kemudian saya coba transfer dana ke no rekening virtual account BNI Syariah…lalu apa jawabanya….setelah saya forward sesuai perintah ” maaf format salah” lalu saya ulang-ulang dengan gonta-ganti format sampai pulsa habis gagal terus, karena mendesak kemudian sya transfer via sms BRI ke no rekening virtual account BNI Syariah dan berhasil kemudian besoknya saya datangi kantor BNI dan dicoba lagi transfer via sms banking karena penasaran minta staf cs BNI nya yang porward sms trsbt jawabanya tetap salah dan gagal…..heran kok cs bni nya juga gak bisa …lapor tuh cs trsbt keatasannya …..setelah itu bilang kesaya katannya TRANSFER KE SESAMA BNI VIA SMS BANKING KE NO VIRTUAL ACCOUNT BNI TIDAK BISA………..saya geleng2 kepala …DAN SAYA BERTANYA LAGI KE CS NYA ,,,,KENAPA KALAU TRANSFER DARI LAIN BANK (BRI) KE BNI BISA DAN BERHASIL …tapi ke sesama bni tidak bisa csnya diam dan jawabnya tidak tau pak…..

  55. saya pengguna sms banking bni juga,dan saya menggunakan simpati.selama ini nggak pernah terjadi masalah.alhamdulillah.walaupun kadang aku menggunakannya dr luar negri.jadi kemungkinan dr layanan providernya….

  56. ya,,, dulu saya punya rek BNI dan sering transfer lewat m-banking, tapi kebanyakan saya harus keluar rumah juga, pergi ke atm ataupun ke bank untuk komplain, skrg saya beralih ke bank lain…

  57. saya sering menggunakan sms banking,,,contoh untuk ngecek saldo atau ngecek yg lainya,,,kl format yg kita ketik salah tolong di kasih contoh format untuk pengiriman sma yg pas,, jngan hanya membalan format yg anda ketik salah,,tp dikirim balikla cara pengetikan yg benar,, pa lgi biaya sms banking kn lmayan mahal 550,brapa kli salah kn da berapa………
    mending kita langsung ke atm aja,,niatnya pengen cepat jdi lambat…..

  58. saya sependapat dg bapak dan saudari tuti nainggolan…kejadian disuruh ketik ulang sepertinya cuma akal akalan saja…krn bgt diketik sama seperti yg pertama ternyata bisa…payah….

  59. Waduh……barusan aku juga mau daftar sms bangkingnya BNI,tapi kok banyak komplain kaya gini ya,padahal akau penasaran banget,habisnya sms bangking BRI lancar-lancar aja,masalahnya enak juga sich klo cek saldo lewat sms banking bisa hemat waktu gitu,trus gimana dooooong….!!!

  60. saya jg punya kesan tidak baik thdp bni sms banking..
    blm lama ini saya mengaktifkan bni sms banking..Masih di custumer service aj,,udah tidak bisa di akses,..Setelah slsai,saya tes di rumah,jg tidak bisa..udah 5 kali saya coba..Sms nya terkirim,tp tidak ada balasan sama sekali..tetapi pulsa saya berkurang..BNI sangat2 merugikan nasabah.
    apalagi dgn cara sms banking yg baru,,yg mengharuskan kita utk konfirmasi no,pin yg di minta sistem.klo dulu kan cukup ketik “HST (pin).,tp sekarang mengharuskan kita sms 2kali..Coba bayangkan??merepotkan bukan??
    Saya karna terpaksa aja pke BNI krna di perusahaan saya bekerja mengharuskan pke BNI..Saran saya kpd BNI : Tlg di permudah lagi cara akses sms banking,klo bisa di kasih gratis!! gak pke pulsa!!
    thanks,,,

  61. saya pakai sms banking BNI alhamdulillah selama ini baik-baik aja pak…
    yahhh..memang ada gangguan, terutama saat saya mau download untuk aplikasi BNI mobile nya, tp untuk BNI sms banking nya sendiri alhamdulillah sampai saat ini belum ada keluhan…
    tarifnya juga sudah turun, walaupun kalo diitung-itung totalnya sama aja soalnya jadi dua kali kirim karna ada sms balasan yg menanyakan password…
    tapi daripada harus antri dan bayar parkir…rumah saya kan masih blum terjangkau atm…
    hehehehehehehehehe

  62. sya gk bisa berkomentar,alhamdulillah slm sya trnsfer pke sms binking sllu sukses,dn tdk mkn waktu terlalu lma,pling lama ya 2 smpai 5 menit lhaa

  63. tambahan info, untuk mendownload sms menu ini, hrs menggunakan paket yg unlimited ya, setelah di download, untuk kedepannya tidak perlu menggunakan paket unlimited lg tidak masalah. karena aplikasi sudah berhasil d download.
    mengenai biayanya, untuk kirim smsnya tergantung dari by provider masing-masing, sedangkan untuk setiap balasan dr pihak BNI (3346) adalah Rp 550.

  64. setuju,,, beberapa kali saya menggunakan layanan banking BNI tapi selalu saja tidak ada konfirmasi utk penjelasan selanjutnya,, terutama untuk layanan cek saldo nya,, MOHON DIPERHATIKAN lagi donk,, jika memang layanan kurang maksimal untuk apa BNI ada bankging internet dan sms,, percuma kan,,hanya membwat nasabah menjadi kecewa dgn layanan seperti ini!!! ga worth it banget sih BNI

  65. Saya udh 3 bln terakhir ini memakai layanan BNI sms banking, namun alhamdulillah tidak ada masalah, bahkan cukup membantu, bahkan langsung dapat tahu kalau ada dana masuk ke rekening, karena langsung di SMS…walau memang fitur layanan untuk transfer antar bank masih agak repot dan ribet… Salam kenal ya pak…

  66. hahhhhhh,,, buka haanya sms-banking tapi internet banking BNI memang menyebalkan. udah beberapa kali transfer tapi tetep gagal juga, disucuh cek ulang token e-secure lagi, padahal udah bener. untungnya saldo gak kepotong, pengalaman temen transfet gagal tapi dimutasi saldo udah kepotong n gak return lagi………. be careful aja deh

  67. ditempatku cuma ada 1 bank bni,gaji lewat bni pengguna bni sms and internet banking Alhamdulillah lancar lancar saja, saya merasa sangat terbantu karena daripada ke atm makan waktu 1 jam, nyicil rumah tidak terlambat, apalagi sudah bisa antar bank , kalau sms konfirmasi itu perlu sekali, daripada kita salah pencet kemudian uang hilang, semoga semakin maju bni

  68. waduuuhhhhhhhhh … gue barusan pengen transfer sms banking BNI ke BRI .. dah kupelajari teknisnya … halah dua kali dech masuk 3346 malahan dapat jawaban yang terakhir .. Maaf, transaksi tidak bisa diproses. Hubungi BNI Call di 500046 atau 021500046 (ponsel) … pulsa gue jadi aaabiiiiiiiiiiiiissssss … duh biyang ???!!!! …. kumaha atuh ieu BNI hari gini masih kayak gituuuu yaaa ? ….

  69. Karena rekan saya banyak yang mempunyai account Bank ini, terpaksa saya menggunkannya untuk sekedar transfer ke rekan2 saya, niatnya agar tidak ada biaya lintas Bank. Dan apa yang terjadi? saat menggunakan ibanking-nya seringkali yang saya terima hanya sebuah halaman dengan konten “Silakan mencoba beberapa saat lagi. Terima kasih.” Ternyata BEBERAPA SAAT LAGI menurut bank ini sama dengan berjam-jam. Saran saya, jika belum siap mengeluarkan sebuah layanan sebaiknya mending tidak ada sama sekali layanan itu. Jika masalah tsb dikarenakan banyak pengguna yang mengakses ibanking, semakin jelas bahwa layanan ini dikeluarkan hanya asal-asalan saja. Jika tidak, tentu sebelumnya sudah diperkirakan hal ini dan dapat mengatasinya sehingga layanan ibanking ini diluncurkan. Sehingga muncul kesan jika dlm bhs sunda “RUSUH TEU PUGUH” akan layanan ini, entah mungkin takut ketinggalan dengan para pesainya atau apalah. Alangkah beruntungnya anda yang tidak pernah mengalami hal seperti saya, apalagi pada saat awal bulan semakin parah saja. Dan yang lebih LUARRR BIASA nya lagi, hal ini terjadi berlarut-larut tanpa ada perubahan sama sekali.

  70. saya juga mengalami demikian, tetapi saya dengan fasilitas internet bangking, CSx mengatakan akan kami hubungi, akan tetapi sampai saat ini pihak dari BNI belum pernah menghubungi….pertanyaannya..apakah ini merupakan pelayanan prima dari BNI terhadap Nasabahnya…?

  71. Seandainya ada keluhan langsung ke pihak BNI atau yang bersangkutan saja. Jangan dipublikasikan. Sebelum bertindak berfikir dulu apa kita yang salah atau murni salah BNI. Saya menggunakan BNI sudah lebih dari 25 tahun, dan saya mulai via SMS Banking sejak 2007 tidak pernah ada masalah sama sekali. bahkan SMS Banking Mandiri dan BCA pun semuanya lancar.
    Kita hanya perlu lebih teliti dalam menggunakan fasilitas mobile , jalankan sesuai struktur dan aturan saja.
    Contoh di atas seharusnya SMS di “FORWARD” dan dibelakangnya ditambahkan “YA” bukan hanya dibalas dengan kata “YA”.
    FORWARD artinya MENERUSKAN
    Dalam arti isi SMS tersebut kita harus meneruskan pesan balasan dan harus di akhiri kata “YA” tanpa spasi.
    contoh sms transaksi saya tangga 6 NOVEMBER 2013:

    06/11/2013 14:09 Trf Rp50000000 ke 370122xxxx-Sdr INDRAxxx RE,Ref:877xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#

    maka kita FORWARD saja, seperti berikut :

    06/11/2013 14:09 Trf Rp50000000 ke 370122xxxx-Sdr INDRAxxx HA,Ref:877xxx,Berita:JUAL LR 198.Ketik YA atau TIDAK diakhir pesan ini FORWARD ke3346#YA

    Maka transaksi berhasil tanpa ada masalah sedikitpun.
    Jangan mencari-cari kesalahan orang lain jika memang kita salah.
    lebih teliti maka anda akan berhasil melakukan transaksi tersebut.

    “Jadilah orang yang bijak dalam menggunakan fasilitas yang serba mudah”

    Terima Kasih

    CHANDRA DWITANTRA S.Kom.,M.T.I

    • Sdr. Chandra
      Terima kasih atas komentarnya.
      1) Anda bisa baca, berbagai komentar dalam posting saya, jadi yang mengalami hal serupa bukanlah saya satu-satunya…. Anda sungguh beruntung jika selalu lancar selama ini… Saya juga pengguna Mandiri dan BCA, dua bank tersebut lebih baik performance-nya….
      2) Sebelum saya mempublikasikan keluhan ini, saya sudah sampaikan keluhan ini berkali-kali, bahkan kepada pihak di BNI yang sudah saya kenal baik, sampai akhirnya saya bingung juga, cara apalagi supaya menjadi perhatian pihak BNI.
      3) Setiap layanan publik seharusnya ada yang namanya SL (Service Level) yang ditetapkan
      4) Posting ini saya buat semata-mata sebagai kritik membangun untuk meningkatkan kinerja

      Terima kasih…

  72. ceritanya :
    setelah pulang kondangan langsung meluncur cari atm BNI terdekat, dan ketemulah ATM BNI di salah satu SPBU didaerah mampang Jaksel. Niatnya mau cek saldo karena ada transferan dari teman. dan Alhamdulillah sudah masuk. kemudian saya bilang ke suami Uangnya ditransfer ke BCA saya ya, ambilnya gampang dan cepat juga dekat dengan rumah. Ditransferlah sama suami BNI ke BCA, kondisi saat itu buru-buru karena suami mau berangkat kerja, langsung deh ditransfer, biasanya ada struk transfernya ini ko ga ada ya ??? pas cek saldo sudah berkurang.

    Berhubung suami buru2 ya sudah kami tinggal menunggu transferannya masuk. Tapiiiiii sampe sekarang belum sampe, sudah hubungi 500046 jawabannya nunggu 14 hari kerja, Huuuffft tau gitu ambil langsung saja deh.

    Agak khawatir juga nich, uang yang ditransfer jumlahnya ga sedikit, barangkali ada Teman2 yang punya pengalaman juga seperti ini, share ya bagaimana solusinya agar prosesnya bisa dipercepat oleh BNI karena uangnya sedang sangat dibutuhkan.

    Terima Kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s