High Definition Video Memang Mantap ….


Sudah lama saya tertarik dengan dunia video, walaupun sejauh ini hanya menekuni sebagai hobby dan paling banyak memanfaatkan hanya untuk mendokumentasikan acara-acara keluarga. Ayah saya (almarhum) sering mendokumentasikan kami dengan film seluloid 8 mm, sehingga saya masih bisa mengenang video masa kecil saya di usia sekitar 10 tahunan (tahun 70-an). Saya sendiri punya rekaman lengkap istri saya sejak hamil anak pertama, kelahiran mereka semua, masa-masa kecilnya sampai tumbuh menjadi anak yang besar dan mulai menjadi ABG.

Saya sendiri mulai menggunakan sendiri kamera handycam 8 mm.
Secara bertahap beralih ke Digital-8, mini DV, lalu DVD-handycam, dan akhirnya mimpi lama tercapai juga. Sudah lama sekali saya tahu ada standar masa depan (waktu itu) yang disebut High-Definition TV (HDTV). Saat ini kamera video definisi tinggi (HD), semakin terjangkau harganya. Akhirnya, karena tergoda oleh harga yang lagi miring di Kemang, saya beli juga kamera HD saya yang pertama, yaitu JVC HD-7, 3CCD, Full-HD, 1920×1080 pixel.

Setelah dicoba hasilnya di TV Plasma 42 inchi menggunakan interface HDMI. Wah…., nyata benar bedanya. Gambarnya detail sekali! Jauh lebih detail dari kamera non-HD. Tapi, jangan berharap detail tersebut akan terlihat jika menggunakan TV konvensional atau ke layar besar menggunakan kabel AV biasa. Tidak menyesal walaupun ‘agak mahal’, saya bisa mengabadikan momen-momen penting keluarga saya dengan kualitas yang sangat prima untuk dinikmati kalau saya sudah kakek-kakek nanti. Ha….3x

Semoga sharing ini bermanfaat untuk anda yang masih ragu memasuki dunia HD.

– Arry Akhmad Arman –

Tinggalkan Balasan

