Pemeliharaan Internet-Banking Perlu Lebih dari 24 jam?

Seingat saya, Bank Niaga adalah sejumlah Bank yang termasuk early adopter dalam menerapkan Internet Banking di Indonesia bersama beberapa bank lainnya. Saya sendiri adalah pengguna Internet Banking Bank Niaga sejak tahun 2002.

Belakangan ini, Internet Bankingnya sering bermasalah. Sering berhadapan dengan halaman yang menyatakan bahwa “sistem sedang dalam pemeliharaan”. Dan menariknya, pemeliharaan tersebut dilakukan pada jam kerja. Mengapa tidak tengah malam ketika transaksi minimum?

Sering juga, ada error ketika akhir transaksi, dan tetap error walaupun transaksinya diulang. Report error yang muncul biasanya suatu kode dan anjuran untuk call 14041. Menariknya, 14041 sering tidak ngerti kode error tersebut. Kalau sudah begitu, beberapa pengalaman menghubungi 14041, saya bisa harus menunggu (sambil mendengarkan lagu) beberapa menit untuk mendapat jawaban yang sering tidak mamuaskan juga. “Silakan coba beberapa jam lagi Pak, memang sedang ada sedikit perbaikan.”
Wah cape deh!

Terakhir kali saya mengalami masalah adalah hari Sabtu, 26 Januari 2008, pagi. Pesan yang muncul di layar kira-kira “Maaf, sedang ada pemeliharaan rutin, …. untuk peningkatan layanan”. Minggu pagi masih belum selesai juga yang namanya pemeliharaan rutin tersebut. Minggu sore entah baru jalan lagi. Berarti lebih dari 24 jam diperlukan untuk pemeliharaan. Rasanya di jaman serba cepat ini, pemeliharaan 24 jam terlalu lama!!! Apalagi itu cukup sering terjadi.

Ada beberapa pemikiran saya yang mudah-mudahan bisa membantu.
1. Rencanakan pemeliharaan sebaik mungkin, sehingga waktu penghentian layanan bisa dibuat seminimal mungkin.
2. Sedapat mungkin, lakukan pemeliharaan pada jam-jam yangt transaksinya minimum, misalnya tengah malam.
3. Berikan informasi yang cukup kepada nasabah, misalnya, kapan masa pemeliharaan tersebut akan selesai.

Semoga pemikiran ini bermanfaat untuk kemajuan layanan Internet Banking di Indonesia, khususnya untuk Bank Niaga. Sementara ini saya masih tetap nasabah setia Bank Niaga.

– Arry Akhmad Arman –

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s