Hak Pejalan Kaki di Bandung Diabaikan!

Jika kita berkunjung ke kota-kota besar di dunia, maka salah satu ciri yang menarik dan membuat nyaman untuk pendatang adalah kenyamanan berjalan kaki menikmati suasana serta keindahan kota tersebut. Keadaan tersebut tidak akan pernah anda jumpai di Bandung. Jangankan nyaman, berjalan kaki di Bandung cenderung berbahaya, bisa masuk lobang, tergelincir ke selokan, bahkan bisa keserempet mobil atau motor karena kita terpaksa harus berjalan di badan jalan. Foto-foto berikut memperlihatkan sebagian kondisi trotoar kota Bandung di daerah yang termasuk daerah terbaik di kota Bandung, yaitu sekitar ujung bawah jalan Dago dan jalan Merdeka.

_mg_4829.jpg

Kondisi trotoar di jalan Merdeka, seberang Toko Buku Gramedia. Pejalan kaki terpaksa harus berjalan di badan jalan, menentang arus lalu lintas, luar biasa!

 

 

 

_mg_4839.jpg

Ini trotoar di sekitar ujung bawah jalan dago, posisi berjalan menghadap ke utara. Banyak penghalang yang dipasang oleh pemilik bangunan di sekitarnya untuk mencegah hadirnya kaki lima. Salah siapa??? Pemerintah tidak pernah bisa menertibkan kaki lima!

 

 

 

_mg_4843.jpg

Nah, yang ini lebih gila lagi! (baca: leuwih edan deui wae!). Ini kondisi di depan Hotel Holiday-Inn Bandung. Tanpa menghiraukan keselamatan pejalan kaki, Hotel dengan seenaknya membuat penghalang yang membuat trotoar di depan Hotel tidak dapat dilalui pejalan kaki sama sekali. Gila!!!! Menariknya, tidak pernah ada yang peduli dengan kondisi ini!

 

Menyedihkan jadi orang kecil yang harus berjalan kaki ke mana-mana di Bandung. Setiap saat, maut mengintai kita.

Saya menemukan tulisan lain yang menarik tentang kondisi trotoar di Kota Bandung disini.

Salam,
Arry Akhmad Arman

 

Iklan

7 thoughts on “Hak Pejalan Kaki di Bandung Diabaikan!

  1. he eh Pak.. bikin penikmat acara jalan kaki seperti aku ga nyaman..

    Padahal.. Bandung itu ada kalanya indah untuk dinikmati sembari berjalan kaki..

    Koridor buat pejalan kaki udah lebih dinilai pantas-untuk-dikomersilkan-tanpa-permisi dengan banyak dalih.. *bikin bete*

  2. Ping-balik: Jalur Sepeda di Bandung akan Direalisasikan! Satu bukti lagi tidak adanya prioritas pembenahan kota … « Arry Akhmad Arman’s Weblog

  3. Susah jadi pejalan kaki di Bandung, kalau berangkat siang jalan yang bagus sudah “dibajak” PKL, alhasil harus jalan diantara trotoar dengan jalan utama dengan resiko tertabrak motor, keruskaan sendi& tulang (percaya atau tidak jalan di daerah ini ga lebih baik dari jalan di gunung yang curam). Gak heran populasi pengguna kendaraan bermotor terus meningkat. Kapan bandung bisa mengurangi kemacetan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s