Bukit Bandung Utara Berselimut Kabut

Selamat pagi semua!

Rumah saya terletak paling utara di kompleks rumah saya, dan terletak di lembah setelah melampaui puncak bukit. Hasilnya, saya punya rumah menghadap terbuka ke Bandung Utara, dan tidak bisa melihat kota Bandung. Di malam hari saya bisa melihat kelap-kelipnya lampu di bukit Dago Resort sampai daerah Ciburial.

Pagi ini, yang tampak hanya kabut putih dimana-mana. Dulu hal seperti ini sangat sering terjadi. Kalau pulang kemalaman sedikit ke rumah, jalan menuju rumah sering berkabut (15-20 tahun lalu), tapi sekarang hal itu semakin jarang. Kabut hanya terjadi sekali-kali saja …..

Kira-kira, karena Global Warming , Polusi Kota Bandung, atau Hilangnya pohon-pohon di Bandung Utara?

Dua foto berikut memperlihatkan foto pandangan dari jendela ruang kerja saya ke arah utara pada saat siang beberapa hari lalu (bukitnya terlihat dengan jelas), serta foto pagi ini (beberapa menit yang lalu, bukitnya ditelan kabut).

pemandangandarirumah_siang.jpg

pemandangandarirumah.jpg

 

4 thoughts on “Bukit Bandung Utara Berselimut Kabut

  1. Salam kenal, Pak Arie.

    Dulu saya tinggal 7 tahun di Dago Kanayakan bersama Paman saya yang dosen di Teknik Kimia ITB.

    Kanayakan adalah kampung saya tercinta; saya pernah mengalami main basket di Kanayakan dengan diselimuti kabut pada tahun 1995-an.

    Kini pemandangan itu telah lenyap … turut berduka atas semakin tersingkirnya kabut di Dago …

  2. Salam kenal kembali. Ya, itulah masa lalu Bandung Utara yang masih indah. Kapan terakhir anda ke Bandung. Belokan sekitar tempat masuk Kanayakan sekarang sudah ramai dengan para penjual makanan, apalagi di malam hari.

Tinggalkan Balasan

