Bajigur Instant

Saya sering mendengar pernyataan bahwa sekarang adalah jaman instant. Kirim surat melalui email, secara instant sampai ke tujuan. Motret, instant langsung jadi dengan kamera dijital. Mau kopi, ada kopi instant tinggal seduh air panas. Rupanya, minuman tradisional tidak mau ketinggalan juga, sehingga muncullah ‘BAJIGUR INSTANT’ seperti yang tampak di foto ini.

bajigur01.jpg

Pada saat cuaca Bandung cenderung dingin, minuman hangat selalu saya perlukan di meja kerja saya. Kopi instant adalah favorit saya. Pada saat pulang dari luar kota, istri saya kemarin membawakan saya ‘bajigur instant’, karena tahu betul bahwa saya suka bajigur. Setelah dicoba, boleh juga, sebagai alternatif kopi instant.
12 thoughts on “Bajigur Instant

  1. Pak Arry, kalau gak salah bajigur instan itu produksi cihanjuang/cimahi. Konon ada alumni poltek yg bisa bikin dinamo/generator listrik mikro-hidro di daerah tsb. Setelah ada listrik dia ‘concern’ soal masyarakat yg akan jadi konsumtif (listrik hanya utk tv, vcd dll.) Lalu dia mendorong penduduk setempat menafaatkan listrik utk kegiatan produktif, salah-satunya ya bikin bajigur instan itu. Ide yg patut diacungi jempol.

  2. ehm…bajigur instant…sepertinya produk di foto sampean pernah saya coba, cocok banget kalo cuaca dingin atau lagi hujan. selain itu kemasannya juga menarik, sehingga secara tidak langsung meningkatkan nilai jual dan dapat di “eksport” ke daerah2 lain.

  3. Di daerah Indramayu, Jawa Barat juga ada yang memproduksi, dengan nama BAJIGUR RASA dan BANDREK RASA untuk bandrek, produksi dari INDOJATI FOOD. Kemasannya sachet plastik.

  4. baru tahu nih,ada bajigur instant.kalau yang bandrek cihanjuang emang udah lama tahu(waktu pulang ke garut pertengahan 2008),malah sering dipaketin dari sana.ya meskipun tinggal di kepulauan riau yang cenderung panas,tapi yang namanya bandrek & bajigur mah tetep doyan

  5. Nas, tanya dong, dimana bisa beli itu bajigur instan, ada yg tau alamatnya ngga, boleh dong di bagiin alamatnya, baik yg di bandung maupun yg di jabodetabek, terima kasih sebelonnya.

  6. saya baru tahu ada bajigur/bandrek cihanjung tahun 2009. Waktu itu saya mau kembali ke kota Tanjungpinang Kepulauan Riau, bingung cari oleh-oleh khas Bandung tapi saat itu tidak sempat beli. Akhirnya bulan April 2011 pas pulkam ke Bandung baru deh kesampaian beli. kemasannya yahud alias bandung/sunda pisan. Rasanya enak apalagi jika satu bungkus bajigur dicampur setengah bungkus bandrek….jadi emut Bandung aah…

Tinggalkan Balasan

