Ngajak mahasiswa nge-BLOG

Semester ini saya punya dua kelas S2 yang saya ajar, satu kelas Software Engineering, satu lagi kelas Project Management. Kalau ada yang tertarik dengan slide-slide kuliahnya, free download di:

http://groups.yahoo.com/group/arman_course_pm/files/ dan http://groups.yahoo.com/group/arman_course_se/files/

Tanpa dikaitkan dengan penilaian kuliah dan syarat kelulusan, saya memberikan pemahaman tentang dahsyatnya BLOG untuk pertukaran pengetahuan, sehingga saya menganjurkan mereka untuk mulai membuat dan menulis BLOG. Saya tidak menentukan topik utama apa yang harus mereka tulis, masing-masing bisa punya karakter blog sendiri, tetapi saya minta masing-masing membuat satu kategori sesuai dengan kuliah saya yang mereka ikuti. Sebagai iming-iming supaya semangat, saya janjikan bonus nilai bagi yang blognya populer dan tulisannya bagus untuk posting yang sesuai dengan mata kuliah.

Tentunya saya tidak berani menganjurkan atau mengharuskan mahasiswa untuk mengunjungi BLOG saya, nanti malah jadi sensasi “dosen mewajibkan mahasiswa mengunjungi blog-nya!“. Ha-ha-ha ….

Ada dua pertanyaan menarik dari mahasiswa, berikut saya tulis dalam gaya FAQ:

Q1: Pak, kayaknya yang sulit itu memulainya, bingung, apa yang harus mulai saya tulis?
A1: Apapun boleh ditulis! Kalau ragu, untuk menambah keberanian, silakan kunjungi Blog pak Budi Rahardjo. Itu contoh blog populer yang baik untuk dijadikan pembelajaran! Jujur, bermutu, santai, konsistent, dan tulisannya digemari banyak orang.

Q2: Pak, susah nge-blog dari kampus, Internet di ITB lambat sekali …….

buru-buru saya jawab:

A2: Nah, sudah dapat kan bahan tulisan yang pertama, silakan tulis di blog: ‘Internet ITB lambat …..’

Grrrrr……., semua tertawa ………

Mudah-mudahan dalam 1 minggu ini tumbuh sekitar 40 blog baru. Saya katakan kepada mereka:

Paling tidak, ini cara mudah yang bisa kita lakukan untuk turut berkontribusi membangun bangsa ini, cara lainnya, sayapun tidak tahu ……….

16 thoughts on “Ngajak mahasiswa nge-BLOG

  1. wuih kalau begitu sama dong pa, saya juga terhadap mahasiwa saya pada awal perkuliahan mereka selalu yang saya tanyakan adalah “apakah sudah punya blog” dan selanjutnya menggerakan mereka untuk membuat blog bagi yang belum, dan saya sarankan sih tulis saja apa yang mau anda tulis untuk awal, selanjutnya kalau sudah tertarik untuk menulis di blog baru buat blog lain yang khusus atau konsentrasi pada tema tertentu, dengan tidak melupakan blog yang pertama

  2. ya…satu lagi yang “ketularan” pak arry buat provokasi mahasiswanya untuk nge-blog🙂

    btw menurut pak arry, hal apa yang kira2 bagus atau menarik, serta paling tidak memberikan konstribusi kecil untuk turut membangun bangsa ini ? mungkin jawaban dari pak arry tentang pertanyaan saya ini bisa dijadikan posting tersendiri, sehingga bisa dijadikan bahan diskusi di blog pak arry ini.

  3. @ayi, silakan download dan manfaatkan jika berkenan, free! please sering cek, bahannya bertambah tiap minggu, dan mungkin ada update atau ralat.
    kupalima artinya “jalan kupa nomor 5”, alamat rumah saya.

    @triyo, Insya Allah saya usahakan ngeBLOG tiap hari, kecuali kalo internet 24 jam ke rumah saya putus …

    @pramudya, nanti saya merenung malam ini, sekarang masih nganter anak-anak di ruang dokter gigi, sambil ngeBLOG pake HSDPA. Bukti maniak BLOG, ha-ha-ha!

    @hendriadi, wah, sama-sama provokator nih ….

  4. Jd inget kuliah dulu pak. Kira2 3tahun yl Pak kuspriyanto menugaskan kami(wajib) utk membuat web berisi catatan2 kuliah&’ngumpulin’ tugas. Tp kami dulu malah sibuk dg masalah disain tampilan/html dst.Kontennya malah amburadul.Coba dulu disuruh mbuat blog aja ya..Jd gk pusing dg tampilan dll(dulu kyknya blog blm bgitu populer,mski ada jg sih satu dua yg inisiatif pake blog).

    Eh,jd inget pak kus.Kira2 beliau skrg punya blog gak ya?😉

  5. Pak.. maksudnya Triyo.. dia juga punya blog.. tapi jarang di-isi🙂

    Kalo dilihat perbandingan tema posting-an Bapak.. kayaknya kontribusi sementara adalah masalah Bandung (spesifikasi ini sih ya.. hehe..)..
    Paling enak buat jadi salah-satu referensi (dari publik, non-ahli) buat mereka2 yang tertarik dengan tata kota (mungkin?).
    Indonesia ini.. tata kota-nya kan “ajaib”2🙂

  6. iya pak. dikomporin aja beliau. ide-ide beliau banyak yang ‘nyeleneh’ dan mem-brainstorming…🙂
    menarik untuk didiskusikan.

    oya. file tentang “presentasi yang baik” nggak di-upload ya pak. dulu saya praktekkan “ilmu” dan tipsnya pak arry membuat powerpoint itu utk sidang TA.
    pas sidang sempat dipuji ama salah satu penguji (pak yusep)
    saya praktekkan sampe sekarang
    thanks pak (maaf, dulu blm sempat berterimakasih..).

  7. sekedar sharing nih pak. salah satu kedahsyatan blog yang pernah saya alami adalah ketika kita ingin bercerita kepada banyak orang namun orang-orang itu bertebaran di banyak tempat, dan waktunya yang tak bisa disamakan antara satu dengan yang lainnya, tentang apa yang sedang kita alami. Nah, blog merupakan suatu alternatif termurah untuk melakukan itu semua.

  8. @mtamin, saya senang kalau itu ada manfaatnya, saya coba revisi dulu, dan segera saya publish, semoga bermanfaat buat banyak orang.

    @freddy, setuju sekali, blog sangat dahsyat, pertukaran ilmu jadi bisa terjadi dengan efektif, anytime, anywhere.

  9. saya belum genap satu minggu buat Blog pak,, hitung-hitung cuma ngisi waktu luang di perpus aj,,
    bagi-bagi ilmunya ya pak,, staats blog saya baru 33,,

  10. Lihat di depan kantor pak budi, ada nilai mahasiswa dan smuanya ada alamat blog. Apakah tugas diupload di blog ya?tebak2 aja sih.
    Apakah tujuan akhir pak arry juga seperti itu? Hehe..
    Enak juga kalo seperti itu. Slain dapat nilai dari dosen, tulisan kita bermanfaat bagi orang banyak. Bisa berkontribusi hanya dari tugas.

  11. Saya mungkin juga senasib dengan beberapa mahasiswa bapak… Awalnya, iseng liat blognya dosen pembimbing saya.. Rasanya pengen coba, tapi bingung mo nulis apa.. Lalu saya dianjurkan untuk “blog surfing” ma dosen saya..

    Sekarang.. wah, saya malah ketagihan ni pak..

    Salam Blogging!!

    Regards..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s