Bangunan pojok adalah hiasan kota yang harusnya bisa kita nikmati!

Saya punya dua foto yang menarik, mari kita telaah dan bandingkan. Foto pertama adalah dua bangunan di dua kota yang berbeda di Eropa. Indah tentunya. Foto kedua adalah salah satu bangunan tua di kota Bandung yang juga merupakan bangunan pojok (terletak di pojok jalan). Walaupun berbeda, tapi menurut saya tidak kalah indahnya.

pojokjalan01.jpg

pojokjalan02.jpg

Di Bandung cukup banyak bangunan baru ataupun bangunan kuno yang terletak di pojok dan bentuknya memang indah dilihat. Harusnya ini dipandang sebagai aset kota yang tinggal dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menciptakan keindahan kota. Atau dengan kata lain, tidak perlu investasi apapun, gratis, tinggal menikmati. Sayangnya, pemerintah kota Bandung ini mungkin melihatnya berbeda.

Pojok jalan adalah tempat yang paling strategis untuk memasang iklan, dan mungkin bisa dikenakan tarif yang cukup tinggi.

Hasilnya adalah papan-papan reklame raksasa di sebagian besar pojok jalan di kota Bandung. Perhatikan foto di bawah ini. Ini contoh bangunan indah yang seharusnya bisa jadi hiasan kota yang menarik, ditutup habis oleh papan reklame raksasa, sehingga tidak dapat dipandang dari seberang pojok jalan tersebut.

pojokjalan05.jpg
Iklan

4 thoughts on “Bangunan pojok adalah hiasan kota yang harusnya bisa kita nikmati!

  1. Betul pak!! bangunan pojok yang di simpang lima (simpang asia afrika – sunda – gatot subroto – a.yani tea), terus yang di jalan merdeka – aceh malah tidak terawat, dan masih banyak lagi..

  2. wah…emang di bandung, lumayan banyak juga gedung di pojok jalan, cuma sayang, biasanya view depannya terhalang papan reklame.l…hiks….hiks…padahal pengen banget nikmatin indah view gedungnya…..:((…pemprov bandung harusnya agak keras untuk reklame2 besar….

  3. saya juga nggak paham dengan konsep kota yang tengah dibangun di Bandung.. ini sebenernya mau dijadikan kota apa sih? kok saya malahan melihat bahwa Bandung bakalan dijadikan kota papan reklame ya? kota papan reklame rokok, GSM, dan Dada Rosada..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s