Pemahaman Makna Grafik dalam Pelajaran Matematika

Saya seringkali harus membantu anak saya mengerjakan PR untuk mata pelajaran apapun, termasuk matematika. Semakin sering membantu, saya semakin menyadari bahwa anak saya mempunyai kelemahan dalam memahami kaitan antara grafik dengan persamaannya. Kita ambil kasus sederhana: Grafik persamaan linier y = ax+b.

Apa makna gradien?

Kalau grafik dibuat lebih curam atau lebih landai, bagian mana dalam persamaan yang berubah?

Kalau kita geser kiri atau kanan dengan kemiringan yang sama, apa yang berubah dalam persamaannya?

Apakah ada hubungan antara titik potong dengan sumbu X atau Y dengan persamaannya?

Saya ingin tahu, apakah ini gejala umum? atau hanya kelemahan anak saya saja? Saya berharap ada share dari orang tua, guru, adik-adik mahasiswa yang suka memberikan privat atau mengajar di bimbingan tes, atau bahkan dari adik-adik yang masih sekolah (jika ada…).

6 thoughts on “Pemahaman Makna Grafik dalam Pelajaran Matematika

  1. Coba buat kurva seperti itu pakai exel Pak, lalu a dan b -nya dibuatkan tombol supaya bisa diubah (naik/turun) secara incremental. Nanti ‘mahasiswa’ bapak (yg masih kecil itu) bisa liat itu efek perubahan gradien dan intercept …

    Terima kasih, ide yang menarik untuk dicoba pak!

  2. Bagi saya pribadi , bahwa untuk menjelaskan sesuatu perlu contoh kasus yang aplikatif yang dekat/dapat dijangkau pihak yang diajar termasuk anak sekolah.

    Matematika/perumusan persamaan (memahami kaitan antara grafik dengan persamaannya, kasus sederhana: Grafik persamaan linier y = ax+b), kadang si anak didik/sekolah persamaan linear tersebut terkesan abstrak/imajiner dalam artian konstanta2x atau variabel yang ada hanyalah benda mati yang tidak punya “roh” (dalam artian hanya sampai eksekusi hitung dan dapat hasil Y yang diminta -> beres).

    Saya pribadi merasa peran/kontribusi pemahaman persamaan linear itu dapat melalui pendekatan kasus ekonomi sederhana.
    Misal: Menghitung cicilan pinjaman dalam jumlah tertentu:
    – sumbu x (sisi setoran , Rupiah)
    – sumbu y (waktu, tahun),
    – b adalah uang muka (DP)
    – a adalah skema seberapa miring (kemiringan) kurva linear (dalam kasus ini seberapa cepat/lambat cicilan akan lunas mencapai Y/jumlah uang harus dicicil).

    Dan kalau kasus-nya sudah jelas seperti ini, ya tinggal dibuat simulasinya. Mana yang menjadi point of interest, mau ngejar waktu pemenuhannya yang lebih lama (sehingga kurva liniear tidak setajam kurva linear untuk waktu pemenuhan yang lebih singkat) atau sebaliknya.

    Kalau masih kurang paham dengan simulasi, ya langsung praktek aja … misal beri anak pinjaman sebesar X dan beri kebebasan si anak memilih model persamaan linear yang diambil untuk mendapat berapa lama pelunasannya dan eksekusi.

    He2x saya bukan ahli ekonomi dan matematika, hanya berusaha belajar sesuatu dimulai dengan pertanyaan untuk apa kita belajar sesuatu (mencoba masuk ke sesuatu yang lebih filosofis) meski diri saya tidak filosofis amat he2x (masih cethek). Sekian input dari saya …mohon maaf kl terlalu panjang 🙂

  3. Ada koreksi tulisan sebelumnya menjadi:

    …..
    Dan kalau kasus-nya sudah jelas seperti ini, ya tinggal dibuat simulasinya. Mana yang menjadi point of interest, mau mengejar waktu pemenuhannya yang lebih lama atau sebaliknya.
    …..

    Terima kasih.

  4. Kalau menurut saya perlu diberikan metode yang berbeda… hmmm mungkin bisa diterangkan dengan bahasa yang lebih mudah.

    Saya pernah baca ebook judulnya Math for Dummies (CMIIW), di buku tersebut penjelasan mengenai konsep-konsep dasar matematika diberikan dengan bahasa yang sangat-sangat mudah dan bisa dibilang unik. Saya yang tadinya tidak punya gambaran sama sekali tentang kalkulus, setelah membaca buku tersebut jadi sedikit mengerti (baru sedikit, he he he….)

Tinggalkan Balasan

