Dimana Dokumen Visi-Misi-Program Calgub Jabar Bisa Kita Lihat?

Saya coba eksplor website KPU Jawa Barat untuk mencari Visi-Misi-Program para calon Gubernur Jawa Barat, ternyata tidak saya temukan. Kalau ternyata ada dan luput dari pengamatan saya, mohon ada yang bisa bantu menunjukkannya. Bagaimana warga Jawa Barat bisa menentukan pilihan, kalau visi misinya saja sampai sekarang belum bisa kita baca?

Akhirnya saya coba search di Google, dan menemukan berita yang menarik untuk kita simak dari Harian Pikiran Rakyat. Saya kutip sebagian dari artikel menarik tersebut:

Demikian diungkapkan Guru Besar Antropologi Unpad, Prof. Kusnaka Adimihardja, Ph.D., ditemui di kantornya Jln. Cigadung Raya Tengah, Bandung, Kamis (6/3). “Setelah membaca visi, misi dan program ketiga kandidat yang telah diserahkan ke KPU Jabar, saya pikir ini terlalu sederhana untuk Jabar yang kompleks dengan masalah. Ketiganya tidak mampu memberikan gambaran apa pun mengenai langkah yang akan dilakukan birokrat Jabar 1 dan Jabar 2 ke depan,” ucapnya.

Menurut dia, isi dari visi misi ketiga kandidat relatif sama, hanya kemasannya yang berbeda. Ketiganya, hanya mampu menjabarkan permasalahan yang memang telah terjadi di Jabar selama 30 tahun terakhir.

Langkah strategi revolusioner apa yang akan mereka terapkan untuk melakukan perubahan, saya tak lihat itu dalam penjabaran visi misi mereka. Visi misi ini terlalu standar untuk cagub/cawagub. Terima atau tidak, saya katakan visi misi ini menunjukkan ketidaksiapan kandidat dalam memahami masalah inti di Jabar,” ungkap Kusnaka lagi.

Nah lho! Kalau sudah begini, apa mendingan Golput saja? Ngapain menghabiskan waktu ke tempat pemilihan untuk memilih calon-calon yang visi-misi nya meragukan? Walaupun pada posting sebelumnya saya coba menggunakan common sense dan logika untuk menentukan pilihan, tapi sekarang jadi ragu.

Bagaimana menurut anda?

Iklan

9 thoughts on “Dimana Dokumen Visi-Misi-Program Calgub Jabar Bisa Kita Lihat?

  1. Ragu-ragu adalah jembatan menuju kepastian.
    Tapi jangan lama-lama di jembatan, bisa kepanasan.

    Kalau memang meragukan gimana lagi?
    Mungkin ketika kampanye mereka meyakinkan kali…bagi-bagi sembako!

  2. Saya juga akhir-akhir ini sering mendengar himbauan di radio supaya kita mempelajari visi, misi, dan program para cagub Jabar sebelum kita memutuskan memilih siapa. Masalahnya ya itu…, seperti Aa, saya juga tidak tahu harus baca dimana. Lagi pula, sebetulnya ada sedikit pesimisme dalam hati. Memangnya apa sih yang mau ditawarkan para cagub itu? Seandainya visi, misi, dan programnya bagus, mengandung langkah strategi revolusioner (seperti diharapkan Prof. Kusnaka), apa betul mereka akan konsisten menjalankannya?

    Tapi, untuk jadi golput, saya pikir-pikir dulu. Saya akan coba timbang-timbang, di antara tiga calon yang tersedia, siapa yang paling kecil peluangnya membawa Jabar lebih buruk? Kelihatannya itu yang akan saya pilih. Dasar pertimbangannya, selain common sense dan logika, adalah memperhatikan kinerja partai-partai pendukung para calon sejauh ini. Mudah-mudahan sikap ini mengurangi kebingungan saya dalam menentukan pilihan. He…he… masih ragu, A?

  3. @dewiks, betul juga, golput kadang hanya merupakan ekspresi kekesalan, tapi malah lebih memperburuk keadaan. Saya mau mikir dengan tenang, mumpung 20 hari lagi, siapa tahu diskusi ini berkembang menjadi pemikiran-pemikiran berharga yang bisa mempersempit pilihan jitu kita.

  4. Pak Ari,
    Saya ingin tahu Visi, Misi, dan Program secara detail dari setiap cagub. Dimana saya bisa lihat? Yang di PR itu kalau tidak salah hanya tanggapan terhadap VMP cagub. Terima Kasih.

  5. Baru saja saya kontak, Media Center KPU Jabar, ini rekaman YM-nya:
    Arry Arman: Ada yang tanya saya program kerja Cagub. Baca https://kupalima.wordpress.com/2008/03/24/dimana-dokumen-visi-misi-program-calgub-jabar-bisa-kita-lihat/
    Arry Arman: Bisa saya dapatkan untuk saya bantu sosialisasikan?
    KPU jabar: maaf, pa arry, data itu tidak ada di media center
    Arry Arman: akan ada? atau memang tidak akan ada sampai kapanpun?
    KPU Jabar: sepertinya tidak, saya kurang tahu pasti
    Arry Arman: ok, thanks!

  6. Terima Kasih Pak Arry…
    Wah kalo begitu bagaimana kita bisa mempertimbangkan mana yang akan kita pilih? sementara kita tidak tahu Visi, Misi, dan Program dari masing-masing calon tersebut secara detil. Kalo cuma dengar ngomong langsung, kan nanti bisa lupa??? Lalu kita harus mempertimbangkan apa???

    Tepat sekali dan aneh sekali! Media Center KPU saja tidak pegang dokumen tersebut! Apa mungkin sengaja? Supaya janjinya tidak bisa ditagih suatu waktu nanti kalau terpilih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s