Inikah Contoh Kampanye yang Santun?

Tadi sore, ketika perjalanan dari Homman ke arah Dago, saya sempat memotret salah satu poster kampanye. Lalu setelah sampai rumah, saya membaca berita koran PR dengan judul ‘Kandidat Janjikan Kampanye Santun‘. He-he, jadi bertanya-tanya nih, apa yang dimaksud kampanye santun?

kampanye_tak_santun.jpg

Apakah menempel poster seenaknya seperti ini dan mengakibatkan kota semakin kotor termasuk kampanye santun? Menurut saya sih ini perbuatan yang kurang (baca: tidak) santun!

Bagaimana menurut anda?

11 thoughts on “Inikah Contoh Kampanye yang Santun?

  1. Maklum pak baru bisa perang foto, bukan ide atau gagasan. Toni

    Tadi saya ada acara di Hotel Homman, saya melihat ada mobil salah satu pasangan cagub di cat dengan foto pasangannya. Bagus kualitas fotonya memang. Jadi, memang betul kata Pak Toni, belum bisa perang ide, baru bisa perang foto. Menyedihkan…

  2. Dan seperti biasa mereka akan berkilah …
    “Ah itu hanya ulah oknum yang tidak mengerti kebijakan kampanye kami … (enteng …)
    Kami sulit mengawasi …”

    Salam Pak

    Salam kembali!
    Betul! Padalah kalau mau dibalik, kalau mereka pesankan kepada pemasang poster agar tidak terlalu sembarangan tempel, mungkin itu bisa jadi satu point kebanggaan calon ketika kampanye di depan publik. “Coba lihat, tidak ada cara penempelan poster kami yang merusak kebersihan dan keindahan kota ….”. Kenapa tidak terpikir, ya?

    Jangan-jangan semua calon hanya tinggal duduk, visi misi sudah disiapkan, pidato kampanye tinggal baca, poster entah urusan siapa….? Saya sangat khawatir, ini jawabannya ….

  3. Dilapangan gasibu, malah lebih kacau lagi pak. parkir supporter(baca:pendukung) menguasai 2 lajur jalan yang merupakan jalan paling sibuk saat berangkat kantor, makin macet jalannya. polisi dan satgas cagub-pun tak berkutik, menghadapi gempuran massa se-lapangan gasibu.

    kalau yang itu, jelas-jelas yang punya gawe tahu. lha wong calonnya (fotonya:yang bapak pajang diatas) sedang orasi dipanggung. kalau begitu bagaimana pak??? Santunkah??

    Mungkin, harusnya KPU membuat daftar larangan yang lebih panjang lagi…., lalu diumumkan secara terbuka, jika perlu, calon bisa didiskualifikasi hanya karena sering melakukan pelanggaran-pelanggaran yang kategorinya “santun” tersebut. Karena santun adalah salah satu dasar perbuatan yang paling fundamental. Orang santun tidak akan berani mengambil sesuatu yang bukan hak-nya, orang santun tak akan berani mengabaikan hak seseorang seenaknya, …

  4. beda memang pengertian santun yang kita pahami dengan pengertian santun rekans kampanye

    mungkin bu intan benar, pengertian santun mereka berbeda dengan pengertian santun kebanyakan orang …

  5. Menurut sayah mah sudah bukan jamannya lagi kampanye dengan nempel poster di tembok, tiang listrik, apalagi pepohonan. Biaya cetak poster mahal juga mengganggu kebersihan, kenyamanan dan keindahan, jadi sareukseuk.

    Setuju …

  6. Kampanye dengan menempel poster seenaknya … saya rasa udah seharusnya dilarang, karena merusak keindahan kota. Selain itu, hal ini menambah budget pengeluaran di sektor tata kota / kebersihan untuk menghilangkan sisa-sisa poster usai masa pemilihan gubernur. Daripada budget terbuang percuma mending dibuat nambal / mempertebal jalan-jalan di bandung yang bolong-bolong.

    setuju sekali bung! ini hal kecil yang harus (dan bisa) segera kita mulai …

  7. Kalau dibersihkan lagi masih tidak apa-apa ya Pak

    Menurut saya esensinya bukan hanya itu, tapi sikap pasang seenaknya adalah perbuatan tidak santun yang harusnya dihindari. Memberikan contoh buruk kepada masyarakat bahwa kalau mau pasang pengumuman atau iklan di kota ini, silakan tempel di mana saja. Apa begitu?

  8. Iyaaaa….Bnr bgt tuh…
    Fiuh..Payah…
    Masa’ mau jadi pemimpin malah ngajarin yang gak bener…
    Mbok ya mendingan daripada tempel-tempel kayak begono,mending buat mbersihin temboknya aja…
    Nah,gt kan mlh bs narik masyarakat luas…
    daripada cuma maen perang tempel gak jelas..

    Oce2…^-^
    keep smile on the earth before we get an accident..
    But..
    How wisely if you can smile when you are get some accident…
    Peace^o^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s