Tips Penulisan Laporan Penelitian: Buatlah Kerangka Tulisan Lebih Dahulu

Adanya Internet serta banyaknya informasi yang terkandung didalamnya, memberikan dua dampak yang bertolak belakang, khususnya bagi mahasiswa yang ingi cepat-cepat menyelesaikan Tugas Akhir, Tesis S2 atau Laporan Disertasi S3 (secara umum kita sebut saja Laporan Penelitian). Internet memberikan kemudahan untuk mencari apapun yang tadinya sulit diperoleh sebelum jaman Internet. Tapi, Internet juga seringkali membuat seseorang menjadi lama menyelesaikan Laporan Penelitian, khususnya bagian Tinjauan Pustaka. Kesalahan umum yang biasanya dilakukan adalah:

mengumpulkan informasi apapun yang berhubungan dengan apa yang sedang dikerjakan, lalu membacanya satu per satu. Tentunya, anda akan kebanjiran informasi dan mulai kehabisan waktu. Sementara, tujuan utama tidak tercapai juga dengan segera.

Saya punya tips yang mudah-mudahan berharga.

Perjelas, dan sepakati segera dengan pembimbing mengenai latar belakang, tujuan, serta ruang lingkup dari apa yang akan dikerjakan.

Buatlah outline (kerangka atau daftar isi) dari tulisan atau buku Laporan Penelitian yang akan dibuat. Lebih detail lebih baik! Lakukan pencarian di Internet hanya untuk mengisi bagian-bagian buku Laporan yang masih kosong dan harus diisi. Setelah bahan yang dicari kita peroleh, segera pindahkan ke buku Laporan. Maka anda akan dengan cepat mengisi kelengkapan bagian Tinjauan Pustaka. Hal-hal yang bukan merupakan bagian dari kelengkapan laporan bisa diabaikan atau disimpan di dalam satu folder sebagai arsip.

Dengan cara ini, anda juga punya perhitungan yang lebih akurat mengenai status ‘progress‘ pekerjaan anda. Ketika ditanya oleh dosennya mengenai prosentasi status laporannya, biasanya mahasiswa melamun sejenak (entah apa yang dipikirkan), lalu menjawab: kira-kira 30 persen pak!. Dari mana 30% itu, saya yakin tidak akurat! Tapi kalau anda punya outline yang detail, anda bisa menghitung prosentase berdasarkan outline tersebut dengan lebih akurat. Manajemen waktu untuk menuju wisuda juga akan menjadi lebih akurat.

Semoga tips ini bermanfaat!

[Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman membimbing mahasiswa selama sekitar 18 tahun]

Iklan

11 thoughts on “Tips Penulisan Laporan Penelitian: Buatlah Kerangka Tulisan Lebih Dahulu

  1. maaf OOT pak.
    mohon maaf, apakah benar pak Ary adalah dosen Departemen Teknik Elektro ITB?
    Saya sangat tertarik dengan program TTS yg pernah bpk buat.

    Sulwan Dase

    SIT 2000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s