TV 3 Dimensi Tanpa Kacamata 3 Dimensi

Tahun 2006 yang lalu saya berkunjung ke Cina untuk mengunjungi satu pameran produk-produk elektronik. Ada satu hal yang sangat mengesankan yang mungkin masih relevan untuk saya ceritakan, karena ini menyangkut teknologi relatif baru yang sampai hari ini masih belum banyak diketahui.

Di airport, di ruang tunggu pengambilan bagasi, semua yang menunggu bagasi dikejutkan oleh sederetan TV (merk Phillips) yang menyajikan tayangan 3 dimensi yang untuk melihatnya tidak memerlukan kacamata 3 dimensi atau peralatan tambahan lainnya. Yang ditayangkan memang film animasi yang dengan sengaja memberikan kesan 3 dimensi yang sangat menonjol, diantaranya ada kupu-kupu yang beterbangan, seolah-oleh keluar layar. Beberapa anak-anak berusaha menyentuh kupu-kupu itu dengan tangannya. Tentunya tidak akan pernah tersentuh karena itu hanya ilusi di mata kita saja.

Benar-benar terasa efek 3 dimensinya, dan benar-benar luar biasa!!!
Ingin tahu bagaimana teknologi itu bekerja. Dalam situs web Phillip dijelaskan sebagai berikut:

A sheet of transparent lenses, is fixed on an LCD screen. This sheet sends different images to each eye, and so a person sees two images. These two images are combined by our brain, to create a 3D effect. Because the sheet is transparent, it results in full brightness, full contrast and true color representation.

Secara sederhananya, masukan melalui dua mata kita itulah yang diolah oleh otak kita dan akhirnya membuat persepsi 3 dimensi. Pada film 3 dimensi generasi lama, penonton harus mengenakan kacamata untuk memisahkan 2 gambar yang berbeda, sehingga masing-masing bisa dilihat dengan mata kiri dan kanan dengan tepat. Pada teknologi yang ditawarkan Phillips ini, satu lapisan tipis dan transparan yang ditanamkan pada LCD menggantikan fungsi tersebut.

Memang, film yang tidak dirancang untuk tayangan 3 dimensi tidak memungkinkan untuk ditayangkan secara 3 dimensi. Film harus dibuat khusus untuk tayangan 3 dimensi. Buat anda penggemar GAMES, ini satu teknologi yang menarik yang akan membuat bermain GAMES semakin asyiikkkk….

Iklan

2 thoughts on “TV 3 Dimensi Tanpa Kacamata 3 Dimensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s