Buku ‘Wajah Bandoeng Tempo Doeloe’

Sebenarnya ini bukan info yang baru, hanya share saja. Beberapa hari lalu saya membeli buku WAJAH BANDOENG TEMPO DOELOE karangan Mbahnya Bandung, Bapak Haryoto Kunto (alm). Edisi pertama buku ini diterbitkan 23 tahun lalu, beberapa kali cetak ulang, dan akhirnya lama menghilang. Awal 2008 buku ini dicetak ulang dalam kemasan eksklusif, hardcopy, dengan beberapa revisi dari edisi-edisi sebelumnya. Totalnya 370 halaman, kualitas cetak sangat baik, terutama foto-foto lama kota Bandung, ditampilkan cukup jelas. Harganya lumayan, Rp 187.000; tapi menurut saya tidak mahal untuk isinya yang sangat menarik dan bermanfaat.

Semoga info ini bermanfaat!

18 thoughts on “Buku ‘Wajah Bandoeng Tempo Doeloe’

  1. Bener-bener bagus mas. Aku dah baca, meskipun hanya kualitas fotokopian (ups..pembajakan demi pengetahuan ga dilarang hehe)..Kupikir buku itu dah ga diterbitin lagi, soalnya aku dapet buku itu dari seseorang 2 taon lalu, trus tanpa pikir panjang ku kopi aja hehehe…
    Dimana ya ada komunitas pecinta heritage di Bandung>

  2. saya punya buku ini yang dibeli thn 1984, kini sudah pada copot, edisi yang baru ini bisa dibali dimana ya? di Gramedia ada?

    Baru kemarin saya ke Gramedia Paris van Java (2 Agustus 2008), masih banyak disana!

  3. ada data tentang kampung atau desa di bandung ngga ??
    soalnya saya sedang mencari lingkup wilayah kampung/desa Cibogo dan kampung/desa Gumuruh di Kota Bandung.

  4. Salam kenal,

    Wah, dulu pas saya masih di Bandung juga pernah liat buku ini di Gramedia. Tapi nggak kebeli (maklum waktu itu masih mahasiswa:).

    Sekarang lagi nyari-nyari lagi karena ada kenalan orang Australia yang gemar mengkoleksi photo book tentang kota-kota di Indonesia tempo doeloe minta tolong dicarikan.

    Kira-kira buku ini (edisi baru) masih available nggak ya di toko-toko (darat/online)? Soalnya saya googling kok gak dapet-dapet ya… cuma nemu review-review aja.

    Cheers,

  5. Buku ini sebenarnya wajib dimiliki untuk/oleh orang2 yang domisili di Bandung. Supaya bijak, dan memiliki Bandung. mengenai harga, itu sebenarnya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan sebelum terbit edisi yang baru ini yang mencapai 1 jt lebih

  6. Membaca buku wajah Bandung tempo dulu karya Bapak Haryoto Kunto (aku beli th. 2002) ingin rasanya…menghirup udara, melihat wajah BANDUNG TEMPO DULU…koq seperti kangen ya, padahal aku `belum lahir!!!

  7. @Ramadyah : Hahaha..iya. Belum lahir kok kangen? Tapi kalau melihat foto2 pemandangan, bangunan, suasana kota, dan mode pakaian orang jaman ‘baheula’, rasanya Bandung ini menjadi tempat yang paling nyaman untuk ditinggali. (tapi rasanya lo, wong saya juga belum lahir.Qeqeqe..)
    Kalo daerah tempat tinggal saya di Cimahi (dulunya masuk Kabupaten Bandung), dulunya bener2 sawah, paling tidak sampai kira2 20 tahun yang lalu. Kalo sekarang mah, boro2 (>.<)

  8. waduhhh ada yang ppunya isi dari bukunya ini ga?? soalnya saya nyari2 buku ini udah gak ada di gramedia.,,, bagi yang punya bisa beramal gak buat saya?? hehee minta scan-an atau adobe format juga gak apa2…. tolong… 😦

  9. Dapet bukunya dari orang tua, cetakan ke-3 kondisinya masih bagus cman sayang 120 halaman terselip tercetak ulang didalamnya (salah cetak) jadi ada halaman yang saya tidak tahu isinya…
    reviewnya sih, engga pernah bosan membacanya, meski tebal bukunya cocok untuk nimpuk nyamuk.. hehehehe

  10. saya punya koleksi buku seperti : SEJARAH KOTA SEMARANG TEMPO DOELOE, SEJARAH KOTA SURABAYA, SEJARAH KESULTANAN CIREBON,SEJARAH KOTA SALATIGA

  11. aduh telat infonya yah, sy dulu pernah nyari tapi tidak ketemu tahun 2005, ada yg tahu ga buku wajah bandung tempo doeloe ada yg masih jual ga sekarang? buku wajib tuh buat calon walikota bandung.

Tinggalkan Balasan

