Diskusi Hangat Tentang Lingkungan dengan Pak Sobirin

Beliau bukan asli urang Sunda, tapi pemahamannya tentang filosofi urang Sunda luar biasa hebatnya. Saya yakin, tidak banyak urang Sunda asli seusia beliau yang mempunyai pemahaman sama atau lebih dari beliau tentang masyarakat Sunda serta prinsip-prinsip budaya Sunda yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup. Bagi anda yang bukan pemerhati lingkungan hidup, mungkin banyak yang tidak mengenalnya, walaupun sangat mungkin anda pernah membaca tulisan beliau tentang Lingkungan Hidup di berbagai media di Indonesia.

Pak Sobirin adalah mantan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air sekaligus aktivis Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Info ini saya kutip dari salah satu tulisan Kompas yang juga dimuat dalam blog beliau.

Sebagian besar dari kami belum kenal beliau sebelumnya. Kami bertemu untuk silaturahmi dan berdiskusi tentang Lingkungan Hidup untuk kota Bandung pada hari Sabtu kemarin, jam 10.30 sampai dengan 12.30, sampai akhirnya beliau harus pamit karena di telpon oleh Pak Solihin GP, salah satu sesepuh Jawa Barat yang saat ini sangat peduli terhadap kelestarian Lingkungan Hidup di Jawa Barat dan Bandung. Walaupun baru kenal, dalam waktu dekat kami merasa sangat akrab. Pertama karena gaya beliau yang sangat santun, tapi tetap memperlihatkan pemahamanan yang sangat kuat tentang apa yang disampaikannya.

Kami diskusi tentang sampah, tentang cita-cita mewujudkan bunga-bunga di kota Bandung, tentang Cikapundung, tentang Bandung Utara, dan isu-isu lingkungan lainnya. Begitu banyak pengetahuan baru yang kami serap tentang lingkungan hidup, begitu banyak ide-ide yang mudah-mudahan bisa kita wujudkan bersama untuk Bandung yang lebih baik.

Terima kasih Pak Sobirin, semoga bapak panjang umur. Bandung dan Jawa Barat perlu orang-orang seperti bapak sebagai sumber-sumber pemikiran kreatif untuk perbaikan lingkungan hidup. Semoga pimpinan Bandung dan Jawa Barat di masa yang akan datang mau mendengar dan menjalankan pemikiran-pemikiran positif dari orang-orang seperti bapak.

Bagi anda yang ingin membaca pemikiran-pemikiran beliau, silakan kunjungi blog beliau di http://sobirin-xyz.blogspot.com

One thought on “Diskusi Hangat Tentang Lingkungan dengan Pak Sobirin

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Selamat berjuang pak Arry semoga go green Indonesia betul-betul “Going”.
    Alhamdulillah saya juga sejak Januari 2008 melakukan pengolahan sampah sisa sayuran dan daun-daunan menjadi pupuk kompos. Disetiap ada kesempatan pertemuan warga maupun lainnya saya sampaikan pengalaman tsb. Sudah saatnya kita rubah slogan “Jangan buang sampah sembarangan” menjadi “Sampah jangan dibuang tapi olah jadi uang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s