Sebuah kekhawatiran tentang “Bandung Kota Kreatif”

Akhir-akhir ini banyak pemberitaan di media masa tentang Bandung sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia, bahkan di dunia. Menurut saya, ini adalah prestasi sekelompok komunitas kreatif yang terlepas dari program kota Bandung dan mungkin tidak mendapat dukungan khusus dari pimpinan kota Bandung sebelumnya.

Saya salut luar biasa kepada sekelompok warga Bandung yang kreatif dan telah menyalurkan kreatifitasnya sehingga secara tidak langsung turut mengangkat perekonomian kota Bandung.

Namun, ada satu hal yang saya khawatirkan.

Sebagian pemberitaan memberikan kesan bahwa ini merupakan prestasi pimpinan kota ini. Ini bisa menodai kaum kreatif yang sudah bekerja keras tanpa dukungan signifikan sebelumnya dari pimpinan kota ini.

Sebenarnya, pengelola kota ini memang super kreatif juga, misalnya: kreatif membuat iklan besar untuk menghalangi bagunan-bagunan lama yang indah, kreatif membuat jembatan penyebrangan di tempat-tempat yang tidak diperlukan, kreatif mengijinkan tempat-tempat usaha yang tidak memiliki lahan parkir yang khusus, kreatif mengubah daerah pemukiman menjadi tempat usaha, kreatif membuat PEMBANGKIT LISTRIK dari sampah di daerah yang peruntukannya untuk pemukiman. Sungguh luar biasa!

Sekali lagi, salut buat teman-teman yang kreatif dalam arti yang sesungguhnya! Semoga tambah kreatif dan prestasinya tidak ditunggangi oleh pihak-pihak yang ingin numpang popularitas yang sudah anda-anda hasilkan!

Referensi:

2 thoughts on “Sebuah kekhawatiran tentang “Bandung Kota Kreatif”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s