Perlu saran untuk pilih teleskop

Mengamati luar angkasa tampaknya adalah sesuatu yang sangat menarik dan Insya Allah akan meningkatkan keimanan kita bagi orang-orang yang mau berpikir, karena secara tidak langsung akan menyadarkan tentang keberadaan sang pencipta dan betapa dahsyat ciptaanNya.

Saya sedang mencari tahu, teleskop yang harganya tidak terlalu mahal, tapi bisa dihubungkan dengan kamera digital CANON-EOS, namun cukup untuk mengamati planet-planet atau benda langit lainnya (tidak hanya bulan). Sementara saya naksir CELESTRON Power Seeker 127EQ + Adapter untuk Canon-EOS. Namun saya masih ragu, apakah itu pilihan yang baik?? Karena tidak pernah membeli barang seperti itu sebelumnya.

Ada yang bisa memberikan saran???

6 thoughts on “Perlu saran untuk pilih teleskop

  1. Astrophotography (memotret benda langit) itu lumayan susah pak, kecuali mungkin memotret bulan & matahari. Saran saya baca dulu buku “The Backyard Astronomer’s Guide”, karangan Terence Dickinson & Alan Dyer (http://www.backyardastronomy.com/), kebetulan saya punya.

    Kalau sekedar visual, saya rasa powerseeker 127EQ itu cukup. Kalau untuk astrophotography, kuncinya ada di dudukan (mount) + tripod.

  2. Pak, minggu lalu waktu saya mau ke Bosscha dari arah Lembang,saya lihat ada papan nama http://www.tokoteleskop.com dan setelah saya coba klik langsung url tersebut redirect ke http://www.najmascope.110mb.com/
    bila Bapak belum pernah ke toko ini, bisa contact untuk pertanyaan lebih lanjut.
    Ada juga link aksesori photographic di link http://www.najmascope.110mb.com/photo.htm

    Sekian dari saya yang minggu lalu foto2x di Observatorium Bosscha

    http://www.flickr.com/photos/jmzach

  3. Hallo Mas Arry,
    Untuk astrofotografi diperlukan tripod yang kokoh. Pilihan powerseeker belum optimal untuk astrofotography terlebih dengan Canon EOS. Silahkan Mampir ke TOKO TELESKOP atau komunikasi via email/phone untuk informasi lebih detil.

    Web http://www.tokoteleskop.com sudah publish. Namun masih perlu penyempurnaan untuk manjadi virtual mart. saran dan masukkannnya sangat dinanti.

    PROMO: Kacamata Gerhana Matahari 26 Januari 2009

    salam

  4. sy kemarin beli binocular, pada binocular itu ada tulisan 36-50 X – 80 (kalau tidak salah) tetapi tidak bisa melihat benda langit seperti planet…apa sy salah beli ? barang itu harganya Rp 750.000. kalau mau beli binocular untuk astronomi spesifikasinya berapa ? dan harganya berapa

  5. Saya membutuhkan penjelasan teleskop astronomi selain untuk keperluan rukyat hilal, juga dapat mengamati planet-planet (di tata surya) yang lainya dan dapat di conect ke monitor(laptop). Fak Syariah UNISBA

Tinggalkan Balasan

