Perusahaan harus mulai rajin baca Blog!!!

Sampai saat ini, jika kita jadi customer suatu perusahaan dan mendapat tanggapan yang buruk atas suatu keluhan kita, maka cara yang paling ampuh dan ditakuti oleh perusahaan adalah menulis keluhan kita di media masa (surat pembaca). Jika sebelumnya kurang ditanggapi, maka setelah kita keluhkan di koran, mendadak perusahaan tersebut menjadi bersikap baik kepada kita.

Banyak orang, juga perusahaan yang belum menyadari bahwa BLOG juga telah menjadi senjata ampuh yang mungkin lebih berbahaya secara jangka panjang. Kini, jika anda posting sesuatu di WordPress, dalam waktu beberapa menit sudah bisa di-search dari Google. Luar biasa!

Nah saya punya satu contoh yang menarik! Dua kali saya menulis keluhan tentang SMS Banking BNI yang sampai saat ini belum mendapat tanggapan yang jelas dan tuntas. Saya tidak berniat untuk menjatuhkan BNI, hanya menceritakan keluhan tersebut apa adanya di BLOG saya. Hal seperti ini sering dilakukan pula oleh banyak orang. Coba anda search di Google dengan kata kunci ‘SMS Banking BNI‘. Jangan kaget, hasilnya adalah seperti ini:

Dua entry pertama adalah situs resmi BNI, dan dua entry berikutnya (urutan 3 dan 4) adalah keluhan yang saya tulis. Bayangkan, sebetulnya effort BNI untuk menanggapi dengan cepat keluhan saya mungkin tidak besar, tapi dampak negatifnya adalah seperti itu. Dan posting keluhan ini akan tersimpan terus di Internet. Berapa besar biaya iklan yang telah dikeluarkan BNI untuk mempromosikan Layanan SMS-Banking; itu menjadi sia-sia hanya karena keluhan yang tidak segera ditanggapi.

Jadi belajar dari kasus ini, saya mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan (apapun) agar mulai rajin-rajin melakukan seaching keluhan customernya di Internet dan tentunya segera menanggapinya secara serius. Mudah-mudahan saran ini bermanfaat!

Salam,
Arry Akhmad Arman
Nasabah setia BNI, juga praktisi TI

12 thoughts on “Perusahaan harus mulai rajin baca Blog!!!

  1. benar pak Arry. perusahaan harus rajin memperhatikan feedback konsumen, salah satunya dari google.

    btw pak, katanya ada teknik tersendiri ya agar bisa masuk list atas google? kalau ada waktu, dishare ya pak🙂

  2. Pengalaman saya sederhana saja, pikirkan saja judul posting yang mengandung kata kunci yang kita inginkan, itu akan berpengatuh kuat ke hasil searching kita di Google. Dugaan saya, wordpress termasuk TOP PRIORITY untuk selalu dicek oleh Google dari pada website private lainnya.

  3. Betul Pak, kalau saya posting mengenai event (di wordpress), pada google, rank-nya bisa lebih tinggi daripada website resminya!

    Saya memiliki dua blog WP, yang satu pada domain/hosting sendiri.
    Blog yang dihosting sendiri memiliki hit yang lebih rendah.
    Tapi setelah register API Key utk domain sendiri, traffic tiba2 lumayan meningkat.
    Hmm, sangat mungkin berpengaruh. (Hipotesa saya)
    Posting pada wordpress di-hyperlink oleh related posts, dan tags (meningkatkan jumlah link -> rank) dan mungkin juga otomatis di – Search Engine Optimized (meta tags)… maybe..🙂

    Meskipun punya domain/hosting sendiri, ini salah satu alasan sy membuka account di WP.com😉

  4. Ping-balik: Hotel (orang) Indonesia « Oemar Bakrie

  5. Blog memang sudah menjadi acuan pak. Coba baca di Kompas…selalu ada berita (kadang masih berupa catatan pinggir) tentang cerita yang ditulis di blog. Bahkan majalah Tempo, saat menjelaskan tentang Blue energie, yang dikutip antara lain adalah tulisan Prijadi.net dan Rovicky.wordpress.com.

    Btw, pak Arry hari Sabtu jalan-jalan nggak ke Paris van Java…pake kaos hitam (atau biru ya)…..saya mau menegur kawatir salah…maklum cuma kenal pak Ari saat seminar Sharing Vision di hotel Preanger tahun 2005. Saya bareng anak saya, yang sempat mencuri dengar saat bapak memberi kuliah di El (dia belum pernah menjadi mahasiswa langsungnya bapak, tapi tertarik mendengar kuliah bapak karena diprovokasi teman-temannya….kalau kuliahnya pak Ary keren).

  6. Rasanya iya bu, saya jalan-jalan kesana. Kenapa tidak menegur saya? Saya sudah mulai pelupa berat, maaf kalau tidak menegur duluan.

    Soal anak ibu yang ikut hadir di kuliah saya, wah…., rasanya saya tersanjung sekali kalau dikatakan kuliahnya keren. Rasanya saya jauh dari keren, tapi jujur saja, memang dalam setiap kuliah saya selalu berusaha mencari cara supaya kuliah menarik dengan menyajikan berbagai tampilan atau cerita yang relevan. Sebagai dosen, tidak nyaman juga kalau melihat mahasiswa mengantuk! Berarti dosennya tidak berhasil membuat mahasiswa tertarik mengikuti kuliah.

  7. Ping-balik: Perusahaan harus mulai rajin baca blog dan keluhan customer di Internet « Arry Akhmad Arman’s Weblog

  8. pas banget om, di http://bacablog.com perusahanan bisa baca blog dari nasabah nasabahnya🙂

    btw, bisa ilang ga sih, klo judul artikel kita sudah terlist kegoogle?? (dengan cara yang wajar lo ya, bukan karena melakukan pelanggaran trus dihapus sama google, klo itu mah, sekalian sama semua blognya)

    Tanpa dihapus dengan sengaja oleh pengelola Google biasanya ngga akan hilang, walaupun situs aslinya sudah kita hilangkan. Makanya kadang kita menemukan hasil search yang ketika di-klik situsnya tidak ada. Mungkin juga dalam jangka lama, google akan cek ulang keberadaan situsnya, jadi kalo info aslinya sudah hilang, suatu saat nanti hilang sendiri dari Google.

  9. hello there and thank you for your information – I
    have certainly picked up anything new from right here.

    I did however expertise several technical issues using this web site, as
    I experienced to reload the site many times previous to
    I could get it to load properly. I had been wondering if your hosting is OK?
    Not that I’m complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your placement in google and could damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding
    this RSS to my email and can look out for much more of your respective fascinating
    content. Ensure that you update this again soon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s