Taipei lebih hijau dari KL, apalagi dibandingkan Bandung

Menyusul posting saya sebelumnya yang berjudul “KL jauh lebih hijau dari Bandung“, saya ingin mengajak membandingkan lagi dengan kota/negara pusat elektronik yang ternyata jauh lebih hijau lagi. Tidak percaya? Silakan lihat foto berikut.

Luar biasa memang. Sebelumnya, mengetahui Taiwan sebagai salah satu pusat produksi elektronik dunia, saya menduga negara tersebut tidaklah hijau seperti ini, ternyata diluar dugaan…..

Foto ini saya ambil tahun 2006 dari puncak Taipei-101 Building (gedung tertinggi di dunia). Walaupun di area bangunan hampir tidak terlihat hijau pepohonan, tapi silakan perhatikan bukit-bukit di bagian kota yang betul-betul dipertahankan masih hijau. Cukup banyak terowongan jalan yang menembus bukit-bukit tersebut.

Jangan coba-coba anda bandingkan dengan kota Bandung deh!

Nah ini adalah foto 101 Building yang di-claim sebagai gedung tertinggi di dunia. Dari puncak gedung inilah saya mengambil foto di atas. Silakan cek di URL berikut untuk melihat daftar gedung tertinggi di dunia. Beberapa gedung akan lebih tinggi dari 101 Building, tapi sebagian masih dalam tahap pembangunan (belum selesai dibangun). Gedung canggih ini dilengkapi suatu bandul logam dipuncaknya untuk mengantisipasi gempa. Info selengkapnya bisa dilihat di wikipedia.

Iklan

7 thoughts on “Taipei lebih hijau dari KL, apalagi dibandingkan Bandung

  1. dibandingkan dengan Jakarta sekalipun, luas RTH Bandung kalah lho, Jakarta 9,6 % dari luas daerah, sedangkan Bandung 7,86 %, itupun dengan memasukkan data liputan pohon (artinya bukan taman) yakni sebanyak 1000an ha, sedangkan luas taman kota hanya 120 ha, plus pemakaman 141 ha. Apabila data liputan individu pohon dihilangkan, Bandung cuma punya RTH 1,58 % ! Jelas Bandung perlu perubahan yang dimulai dari perubahan pemimpinnya. Ayo bangkit Bandung bersama yang muda dan TReNDI 🙂

  2. setuju pak taufik. mari yang sadar dan faham akan perbaikan ini turun dan bersama-sama memulai prosesnya. segala kerusakan itu bukan karena Tuhan telah salah merencanakan atau Tuhan bermkasud menyiksa kita. tapi kesulitan dan keburukan itu hanya sebuah sarana Tuhan menguji makhluknya; yang mana yang bisa menyelesaikan permasalahan itu, biar diberikan surga.

  3. bandung nu urang sarerea, kudu di jaga jeng di riksa tina sagala karusakan. ti mimiti ayena – tina nu letik/ gampang- di mimitian ku diri pribadi. jengg kudu di jaga ti pamimpin nu te jujur nu sarakah nu te boga nurani. matak urang kudu nga do’a sing di pasihan pamimpin nu soleh jeng amanah… amin. yu wassalam.

  4. Ping-balik: Bangunan itu semakin tinggi… « Arry Akhmad Arman’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s