‘Live’ di TVRI Bandung bersama Ramaditya

Tadi malam, jam 19.30 saya muncul di TVRI Bandung bersama-sama Eko Ramaditya dalam suatu bincang-bincang tentang Teknologi Informasi dan Penggunaannya untuk tunanetra. Siapa Ramaditya? Mungkin banyak yang belum mengenalnya.

Eko Ramaditya adalah seorang sosok anak muda (27 tahun) yang merupakan seorang yang sangat akrab dengan IT, juga seorang blogger, senang bermain musik, karya-karya musiknya sudah sering dipakai sebagai ilustrasi musik dalam Games-Games NINTENDO, dapat mengetik dengan kecepatan 60 kata per menit, cukup sering muncul di TV (termasuk acara Empat Mata), sering mewakili Indonesia dalam forum-forum Internasional, dan satu lagi yang paling penting: Rama adalah seorang tunanetra.

Saya kira ini hal yang luar biasa, prestasinya bukan saja menyamai orang normal, tapi bahkan melebihi orang normal pada umumnya. Dengan bantuan software Screen Reader Bahasa Inggris, Rama (juga tuna netra lainnya) dapat membaca layar (mengetahui apa yang terjadi di layar), sehingga dapat mengoperasikan sendiri komputer, mulai dari menyalakan, menggunakan semua aplikasi, dan akhirnya mematikan.

Saat ini, screen reader tersebut hanya dilengkapi dengan Text to Speech Bahasa Inggris, sehingga setiap kata bahasa Indonesia yang diucapkan akan dilafalkan sebagai kata Bahasa Inggris. Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama, sebuah hasil pekerjaan dari seorang mahasiswa Elektro dapat memecahkan masalah tersebut, sehingga tersedia software Screen Reader Bahasa Indonesia. Pada prinsipnya, screen reader bahasa Indonesia tersebut akan menghubungkan software screen reader komersial terbaik (JAWS) dengan Text to Speech Bahasa Indonesia yang pernah saya buat.

5 thoughts on “‘Live’ di TVRI Bandung bersama Ramaditya

  1. Buat pelajaran,
    Tidak ada yg namanya kekurangan yg tidak bisa jadi kelebihan … Yg ada adalah ga setiap org yg bisa menjadikan apa yg dia anggap kekurangan (pdhal bukan sbnrnya)menjadi kelebihannya …
    Sesungguhnya ALLAH SWT menciptakan setiap manusia dgn sempurna ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s