Mengenal Text to Speech dan Pemodelan Intonasi

Untuk yang kedua kalinya saya diundang dalam acara tahunan PELBBA 19 (Pertemuan Linguistik Pusat Kajian Bahasa dan Budaya ke-19) di Universitas Atmajaya, yang kali ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Agustus 2008. Saya salut kepada Universitas Atmajaya yang selalu menyelenggarakannya setiap tahun. Pesertanya pun dari mana-mana, beberapa peserta yang kemarin sempat berdialog ada dari Gorontalo, dari Medan, bahkan dari luar Indonesia.

Berfoto bersama setelah presentasi, sebelum makan siang (foto panitia).
Ibu Mirna, saya (tengah), dan sebagian peserta

Peserta dan pembicara dalam acara tersebut memang mayoritas adalah para ahli bahasa (linguist), tetapi mereka mulai menyadari bahsa di dunia teknik (teknologi) sudah berkembang sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan bahasa. Oleh karena itu, pada tahun ini, mereka mengundang (1) Ibu Mirna Adriani (Fasilkom UI) dan (2) saya (ITB) untuk bicara tentang Speech Recognition dan Text to Speech.

Pembicaraan yang saya sampaikan saya fokuskan pada analisis dan pemodelan intonasi, sesuatu yang masih jarang dilakukan oleh rekan-rekan ahli bahasa, tetapi sangat diperlukan untuk membangun Text to Speech yang baik. Oh ya, bagi yang belum tahu, judul disertasi S3 saya dulu adalah “Pemodelan Intonasi Bahasa Indonesia“. Jika anda menemukannya di perpustakaan, jangan heran, itu bukan disertasi fakultas sastra yang nyasar ke bidang teknik.

Bagi anda yang ingin membaca presentasi saya dalam PELBBA tersebut, saya sediakan di halaman DOWNLOAD dalam blog ini. Semoga share ini bermanfaat. Terima kasih.

10 thoughts on “Mengenal Text to Speech dan Pemodelan Intonasi

  1. Sepakat pak sama 2 komentar di atas saya. Udahlah, tinggalkan politik2 itu. Pak AAA sebagai orang yang terdepan dalam teknologi sebaiknya menjadi besar di teknologi, bukan jadi walikota, hehehe….

  2. asiikk…danke, pak arry, saya download ya. secara saya ngga bisa datang ke PELBBA🙂 ehm… disertasinya belum dikembalikan ya, pak? jangan-jangan masuk ke perpustakaan fak. sastra😉

  3. Tampaknya belum ada pak! Basic knowledge mereka sangat kurang untuk analisis fenomena akustik atau bentuk sinyal. Bagi sebagian besar mereka, fonetik itu hanya teori saja. “Sense” tentang frekuensi dan besaran lain yang biasa kita pakai tidak biasa mereka gunakan. Tapi cepat atau lambat, kolaborasi ini harus segera kita bangun.

    Fak. Sastra UNPAD akan menyelenggarakan seminar bahasa. Saya diundang sebagai salah satu pembicara. Mau saya rekomendasikan untuk jadi pembicara juga? tentang forensik?

  4. Punten pak Arry, salam kenal. Bidang minat saya jg di text processing. Saya hampir jadi mhs ITB 2006, bapak yg interview saya waktu saringan pasca informatika ITB, dan cukup berkesan. Kebetulan bu Mirna adalah “guru” saya dibidang ini. Jika berkenan, saya jg mau berguru dengan bapak. Sepertinya dua orang tersebut memang “pakar” dibidang ini🙂 . Minta ijinnya buat nge-link dari palembang…terima kasih

    Silakan! Terima kasih sudah mencantumkan link-nya! Apa yang bisa saya bantu?

  5. Pak Arry & Pak Joko, menarik juga tentang forensik fonetik itu. Di sini sayangnya belum ada yang membahas tentang itu -terutama dari orang bahasanya :(- Oh ya, Pak Joko datang ya nanti. Tanggal 29 Oktober insha Allah tema seminarnya tentang bahasa, sastra, budaya, dan kesehatan. Salah seorang pembicaranya teman dari FKG yang akan membahas tentang komunikasi terapeutik. Pak Arry sendiri akan bicara tanggal 30-nya. Eh, kok jadi bikin bewara di sini. Punten ah, Pak Arry, hehe.

    Ngga apa-apa bu, “iklan” pertemuan ilmiah tidak dilarang disini. Kalau ada informasi yang sudah fixed, silakan kirim ke saya, nanti saya bantu publikasikan.

  6. Malam pak ary, tolong bikin softwere yang bisa mengetik capcha hanya dengan mendekte saja, tidak usah mengetik. ini sangat berguna untuk para pemburu dolar yang bekerja dengan mengetik capcha seperti kolotibablo, megatypers dll. tolong kalau dah ada saya mohon informasinya.

Tinggalkan Balasan

