Apa beda gugatan ‘Haji’ dan ‘Pilwalkot’

Menarik sekali memperhatikan pernyataan Ketua PTUN Bandung tentang urusan gugatan calon jemaah haji ke PTUN. Berikut adalah kutipannya yang saya ambil dari detik.com:

Ketua PTUN Bandung Boy Miwardi menyatakan keputusan penundaan pelaksanaan SK Gubernur No 451.14/Kep.283-Yansos/2008 tentang penetapan kuota haji kabupaten dan kota 2008 harus dipatuhi oleh semua pihak. Di persidangan PTUN, sebelum ada keputusan akhir, majelis bisa mengeluarkan putusan penundaan. Dengan adanya penundaan ini, SK gubernur tersebut tak bisa dilaksanakan. Putusan penundaan ini, lanjutnya, untuk menghindari ada pihak yang dirugikan jika kasus ini sudah inkrah.

Mari kita lihat bagian-bagian yang paling menarik:

  1. sebelum ada keputusan akhir, majelis bisa mengeluarkan putusan penundaan
  2. Dengan adanya penundaan ini, SK gubernur (dalam hal ini objek yang digugat) tersebut tak bisa dilaksanakan
  3. Putusan penundaan ini, lanjutnya, untuk menghindari ada pihak yang dirugikan jika kasus ini sudah inkrah

Jika PTUN konsisten dengan cara kerjanya, mengapa tidak bisa (baca: tidak berani) mengeluarkan putusan penundaan untuk gugatan SYNAR kepada KPU Bandung? Dengan demikian, tidak akan ada yang dirugikan jika putusan kasus ini sudah “inkrah (berkuatan hukum)”.

So, kembali ke pertanyaan dari judul posting ini. Kalau gugatan haji, gugatan ini ujung-ujungnya akan berhadapan dengan Gubernur Jawa Barat, apalagi yang mendandatanganinya dulu sudah dipanggil KPK. Sedangkan kalau gugatan yang berurusan dengan Pilwalkot ujung-ujungnya akan berhadapan dengan “???” yang belum dipanggil KPK.

Iklan

One thought on “Apa beda gugatan ‘Haji’ dan ‘Pilwalkot’

  1. Kita doakan pa, semoga ??? yang belum dipanggil kpk itu, 3 bulan ke depan, syukur2 sebelum dilantik sudah dapat dipanggil. Tentu saja, gubernur harus berani mengeluarkan izin pemanggilan oleh KPK. Saya miris, baca detik terbaru, di babakan siliwangi sudah dikeluarkan IMB untuk pembangunan gedung2 baru…. sepertinya, makin besar potensi untuk banjir di bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s