Apa yang masih bisa kita banggakan?

Dalam beberapa obrolan santai dengan kawan-kawan, saya beberapa kali mencoba mengajukan pertanyaan yang sama kepada kawan-kawan saya.

Apa yang masih bisa kita banggakan dari negara kita saat ini?

Ditunggu beberapa saat, biasanya semua kawan-kawan merenung, cengar-cengir, tidak punya jawaban meyakinkan yang bisa dimunculkan. He3x, ini bukti betapa terpuruknya negara kita tercinta ini. Lalu saya coba jawab sendiri:

Menurut saya, yang masih bisa kita banggakan adalah adik-adik kita siswa sekolah sampai mahasiswa yang sering tampil sebagai juara dalam berbagai kompetisi, seperti juara olimpiade fisika, juara kompetisi robot, juara desain chip, dan sebagainya.

Rekan-rekan saya pada umumnya, spontan mengatakan “bener…, bener…, hanya itu yang tersisa yang bisa kita banggakan“. Nah, saya hanya mengajak merenung, betapa semakin banyak kebanggaan yang menghilang dari bangsa ini. Dan yang lebih mengkhawatirkan, sedikit kebanggaan yang tersisa itu sering kali tidak diberikan apresiasi dan fasilitas yang cukup, sehingga putra-putri terbaik bangsa ini akhirnya menjadi milik bangsa lain, atau bangsa lain yang mendapat manfaat terbesar dari kehebatan mereka.

Bagaimana menurut anda?

Artikel terkait:

  1. Putera Indonesia Raih MOD (Ministri of Defense) Prize Inovator Tempur Inggris
  2. Tim Rajawali ITB Juga Raih SPI Prize Pertama
  3. dan masih banyak prestasi lainnya ….

13 thoughts on “Apa yang masih bisa kita banggakan?

  1. Emas Olimpiade🙂

    Lebih jauh lagi aku bangga jadi Warga Negara Indonesia, yang mempunyai wilayah luas, dikelilingi laut, berada di garis katulistiwa, banyak bahasa, banyak budaya, banyak SDA terpendam.

    Yuk bareng-bareng kita ciptakan kebanggaan itu🙂

  2. Bangga Pak, karena:
    Kami putra & Putri Indonesia mengaku bertanah air satu tanah air indonesia, Berbangsa satu bangsa indonesia, berbahasa satu bahasa indonesia…..iya gitu????

  3. Kami artisclub amat bangga dengan bangsa ini. Ini adalah bentuk loyalitas kami dalam rangka mengisi kemerdekaan yang telah dicita-citakan sejak dahulu kala. Kemerdekaan yang berasas akan idealisme nasionalis para pahlawan proklamator kita. Dengan kebanggan ini, kita sebagai bangsa yang besar akan dapat meraih prestasi yang amat tinggi di kancah percaturan dunia. Kibaran sangsaka berkibar-kibar dikancah dunia dengan gagahnya….

    Dunia mengakuinya, kita telah memiliki trak record urutan tertinggi dalam segala hal-hal tertentu…ini bukti harapan bangsa ini maju dan merdeka!

  4. iya, masih ada yang bisa dibanggakan dari negeri ini. Semoga aja ke depannya indonesia bisa lebih maju lagi di mata dunia.
    oia pak, saya add link-nya di blog saya ya. 13205187

    Silakan, terima kasih!

  5. Assalam.Wrb. Salam kenal pak, saya dari Jogja.Sementara tinggal di Bjmasin.Saya suka dengan blog bapak,karena obsesi saya hampir mirip dengan bapak saat ini.:-)
    Saya lelah hidup di republik ini (the cape deh republik) sekaligus bersyukur. lelah banyak yang jahat,syukur karena saya bisa banyak beramar makruf.🙂
    Nuwun.sugeng dalu.
    Wss.wrb.

  6. memang makin banyak kebanggaan yang dulu kita banggakan dan sekarang sudah tiada ….

    walaupun muncul kebanggan yang baru di sisi lain, tapi mungkin lebih banyak yang hilang……

    buktinya, ketika mau menyebut apa yang masih kita banggakan, memang harus mikir keras dulu

    – mega –

  7. hmmm kalau saya pak
    lebih melihat pribadi-per-pribadinya
    daripada atribut negara.
    dan saya masih merasa orang Indonesia adalah manusia terhangat yang saya temui. terlepas dari sifat pribadi yang negatif.
    dan saya yang tinggal di luar ini, masih sering menangis jika menyanyi Indonesia Pusaka. dan berharap saya masih bisa melewati hari tua saya di tengah keluarga…yang berada di Indonesia.

    (judulnya mellow.com)

  8. Kita harus bangga, karena Indonesia salah satu negara yang Jumlah Partainya Banyak saat ini, hal ini memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki pemimpin yang banyak. banyak yang ingin memimpin dan banyak juga yang berebut kekuasaan. berarti negeri ini masih layak dan sangat banyak yang memperebutkannya.

    kalau negara ini sudah tidak berharga, tentu saja tidak ada yang mau jadi pemimpin, semua pada minta suaka ke luar negeri.

    Peace Indonesia

Tinggalkan Balasan

