Manneken Pis Berbusana Lampung

Sebagai orang yang pernah tingal di Belgia selama beberapa bulan, begitu membaca judul berita di detik.com “Manneken Pis Berbusana Lampung“, langsung penasaran ingin membacanya. Manneken Pis adalah satu patung mungil yang merupakan ikon atau ciri khas Belgia. Jika anda pulang dari Belgia, mungkin salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa adalah miniatur patung “anak sedang pipis” tersebut. Oleh-oleh lainnya mungkin coklat GODIVA yang terkenal dan harganya juga tidak murah.

Manneken Pis, Patung Anak Kecil Pipis yang Mungil. Foto diambil pada tahun 2000 (klik untuk memperbesar foto)

Patung ini ukurannya mungil, terletak di sentral kota Brussel, dan letaknya lumayan tersembunyi. Jika kita tidak sengaja mencari informasi tentang letak si patung mungil tersebut, biasanya tidak mudah juga menemukannya. Setelah keliling-keliling dan akhirnya menemukan patung tersebut, biasanya para turis langsung tersenyum. Ehhh…, ternyata hanya patung yang sangat mungil! Foto tersebut saya ambil pada tahun 2000. Dalam keadaan normal, patung tersebut lebih sering telanjang tanpa baju. Waktu itu saya tidak sempat mancari tahu, baju apa yang dikenakan oleh si patung pipis itu seperti yang terlihat dalam foto.

Nah, yang menarik, ternyata pada tanggal 17 Agustus 2008 yang baru lalu, duta besar Indonesia berhasil melobi pihak-pihak terkait di Belgia agar patung tersebut dapat mengenakan busana Indonesia. Busana yang dipilih adalah busana Lampung. Untuk melihat manneken pis berbusana Lampung, silakan kunjungi detik.com:

detik.com)

Manneken Pis Berbusana Lampung (foto: detik.com)

Oh ya pada saat itu (tahun 2000) saya sempat pula mengikuti upacara HUT Kemerdekaan di KBRI Brussel. Fotonya masih saya simpan. Ini dia fotonya!

HUT Kemerdekaan RI ke-55 di Brussel (tahun 2000). Foto ini gabungan dari 2 frame, sehingga sangat lebar. Coba klik untuk melihat ukuran yang lebih besar!

HUT Kemerdekaan RI ke-55 di Brussel (tahun 2000). Foto ini gabungan dari 3 frame, sehingga sangat lebar. Coba klik untuk melihat ukuran yang lebih besar!

Iklan

2 thoughts on “Manneken Pis Berbusana Lampung

  1. Iya nih Pak, ternyata patung-nya keciiiil sekali jadi saya nggak sempat nemu waktu muter2 di sana, akhirnya cuma jalan2 saja. Sama juga waktu penasaran pengen lihat lukisan monalisa-nya Leonardo Da Vinci di Louvre, eh ternyata cuma sebegitu ukurannya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s