Sharing Slide di slideshare.net

Awalnya karena semakin sulit meng-upload file ukuran besar ke wordpress.com, akhirnya seorang teman menyarankan saya untuk men-share slide-slide kuliah dan presentasi saya di slideshare.net. Sebenarnya saya sudah lama mengetahui keberadaan situs ini, tapi saya tidak pernah meng-eksplorenya secara serius sehingga belum begitu tertarik memanfaatkannya.

Slide-slide yang kita share di slideshare dapat berupa file PPT (PPTX belum bisa) atau PDF. Kita juga bisa men-set, apakah file kita bisa di-download atau hanya dilihat saja, bahkan bisa di-share secara terbatas (belum saya coba). Satu hal yang positif adalah kecepatan akses yang lumayan kenceng, juga kualitas viewnya yang baik, termasuk ketika kita ingin view secara fullscreen.

Untuk sharing kepada orang lain, mengingatnya lumayan mudah, hanya http://slideshare.net/nama-account. Sebagai contoh, bagi yang ingin melihat-lihat slide-slide saya, ada di http://slideshare.net/kupalima atau jika ingin semua slide langsung ditampilkan dalam satu halaman, gunakan URL seperti ini: http://slideshare.net/kupalima/slideshows. Satu slide saya yang terakhir, berisi kuliah terakhir saya untuk menggantikan Pak Armein telah dipilih untuk ditampilkan di halaman awal slideshare. Jika penasaran ingin lihat, buruan akses di http://slideshare.net (lihat di featured), sebelum tergeser oleh orang lain. Kalo sudah tidak ada, anda bisa akses langsung disini: http://www.slideshare.net/kupalima/it-introduction-06-graphic-multimedia-presentation/

Slide-slide yang di-share pihak lain juga sudah luar biasa banyak dan banyak manfaatnya buat kita, mulai dari content-content nya, atau sekedar untuk mencari ide tampilan-tampilan slide yang lebih baik. Jika anda sering mempresentasikan ide, saya sarankan lihat-lihat slide di slideshare.

9 thoughts on “Sharing Slide di slideshare.net

  1. Terima kasih atas sharing ilmunya melalui slideshare. Btw, untuk beberapa power point jika diembeded dengan suara Bapak sebagaimana dosen/trainer yang sedang mengajar mungkin bisa membuat proses transfer knowledge bisa lebih hidup. Terus terang saya beberapa kali pernah ikut webcast training seperti itu dan cukup efektif jika materinya tidak terlalu membutuhkan interaksi yang intensif. Dan layanan ini juga bisa diterapkan untuk training berbayar dengan fleksibilitas waktu dan lokasi bagi peserta dan trainer sendiri (tanpa harus berada di lokasi dan waktu yang sama) dengan menekan harga yang ditawarkan menjadi lebih ekonomis.

Tinggalkan Balasan

