Cara efektif meng-update pengetahuan kita

Banyaknya buku-buku cetakan baru yang bisa kita jumpai di toko buku, banyaknya e-book yang dengan mudah didownload atau berpindah dari satu flashdisk ke flashdisk yang lain; membuat kecepatan membaca “pembaca buku” manapun akan kalah cepat dengan banyaknya bacaan baru yang menarik untuk dibacanya.

Nah, kembali ke tujuan kita membaca. Anda hanya enjoy menikmati membaca? Terpaksa harus lebih hati-hati memilih bacaan, karena begitu banyak sumber bacaan yang tersedia di hadapan anda. Jika anda bukan tipe penikmat mambaca, tetapi anda rajin membaca untuk meng-update pengetahuan, maka anda harus mulai memikirkan cara-cara yang lebih efektif untuk meng-ekstrak pengetahuan dari sebuah buku yang mungkin memerlukan waktu 1 minggu untuk membacanya secara lengkap.

Bagaimana caranya?

E-book yang merupakan bentuk lain dari satu buku lengkap bukanlah solusi cepat untuk ekstrak pengetahuan. Pengalaman saya, Slideshare bisa menjadi satu solusi yang efektif. Slideshare berupa slide-slide presentasi yang ringkas dan berisi intisari dari sesuatu.

Coba saja: sudahkah anda paham tentang SIX SIGMA, TOYOTA WAY, THE WORLD IS FLAT, dan sebagainya? Butuh berapa lama untuk membaca bukunya secara utuh? Coba lakukan search di Google:

“SIX SIGMA slideshare”, atau
“TOYOTA WAY slideshare”, atau
“THE WORLD IS FLAT slide share” …..

Dalam waktu 10 menit anda paham, apa itu TOYOTA WAY, apa itu SIX SIGMA, apa itu isi buku THE WORLD IS FLAT, dan sebagainya. COba deh!

Semoga share pengalaman ini bermanfaat!

Iklan

12 thoughts on “Cara efektif meng-update pengetahuan kita

  1. Saya sudah coba download dan bahkan upload materi kuliah saya di blog via slideshare. Kalau cuma “view” di slideshare kadang kalau sudah lama kok agak lambat ya Pak? Apa karena masalah flash-nya? kayak yg “saturated” gitu, biasanya saya copy shortcut-nya lalu buka di IE window lain bisa lebih cepat lagi.

    Thanks atas pencerahannya.

    Di kampus atau di tempat lain aksesnya pak?
    Kalau di kampus jangan tanya deh…., saya kalo di kampus hampir engga pernah browsing atau mengerjakan sesuatu yang serius memerlukang dukungan akses internet. Akses kampus masih payah pak! Selama ini saya akses di rumah baik-baik saja pak!

  2. Bukan di kampus Pak (kalau di kampus mah saya nggak nanya lagi … hehehe) tapi pakai 3G bahkan HSDPA.

    Satu lagi Pak, kalau akses slideshare biasanya volume yg di “received” jauh lebih besar, meski saya download hanya sedikit.

    Thanks Pak.

  3. apakah artinya sekarang untuk menjadi cerdas itu lebih mudah?
    apakah artinya sekarang untuk memutuskan dengan pilihan optimal itu lebih mungkin?
    apakah artinya sekarang kemungkinan untuk hidup lebih baik dan nyaman sebagai warga kota lebih bisa kita wujudkan?
    doronglah ilmu pengetahuan untuk lebih mudah diraih, lebih progressif beredar dan terbagi. semuanya mendorong berbagai hal diselesaikan secara beradab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s