Virus oh virus ….

Beberapa hari ini saya dibuat super sibuk dan kesel gara-gara kemasukan virus. Virus tersebut bisa masuk tanpa terdeteksi oleh 2 antivirus yang saya pasang dan selalu saya update. Tahu-tahu, si antivirus sudah dibuat sibuk kejar-kejaran dengan virus yang sudah aktif dan secara agresif mengakses file-file yang ada di harddisk. McAfee dapat mengidentifikasikan dan menangkal penjalarannya, tetapi tidak menangkal masuknya dan tidak dapat mendeteksi bahwa virus sudah aktif di memori. McAfee hanya dapat mendeteksi ketika virus tersebut berusaha menyebar kemana-mana.

Ciri virus tersebut adalah (1) Jika anda tekan Control-Alt-Del, maka anda tidak dapat menampilkan Task Manager; (2) anda tidak dapat menjalankan regedit. Saya tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya, hanya menyadari bahwa beberapa laptop di rumah sudah kena semua. Penyebaran menjadi cepat karena di rumah sudah saya pasang storage yang bisa diakses oleh seluruh laptop di dalam rumah.

Akhirnya, install ulang seluruh laptop, dan membersihkan file-file yang dicurigai  kena virus di dalam Network Access Storage (NAS). Ketika yakin bahwa setiap laptop masih bersih, langsung saya buatkan “Image” dari setiap partisi untuk seluruh laptop, sehingga jika perlu lagi install ulang, dapat dilakukan jauh lebih cepat. Memang saya melakukan kesalahan fatal, NAS yang saya pasang di rumah untuk storage data bersama tidak saya atur hak aksesnya. Semua user bisa read write. Itu yang menyebabkan virus mudah menjalar ke semua komputer di rumah.

Wah, produktivitas menurun drastis nih selama beberapa hari…

Semoga sharing ini berharga buat anda semua ….

One thought on “Virus oh virus ….

  1. aku tahu cara hilangin virusnyanya pak, dulu juga pernah kena sekitar 2 tahun yang lalu. dulu saya hilangin service yang berjalannya lewat msdos lalu langsung tembak service yang berjalnnya alias taskkill. alternatif kedua pakai software untuk melihat proses yang berjalan saya lupa nama softwarenya di situ bisa kelihatan proses yang berjalan dan langsung matikan prosesnya. setelah itu hapus file yang ada di windows system32 nya.

    Thanks Fran! Walaupun tidak mudah juga pada prakteknya karena kita harus tahu betul proses-proses mana yang harus di kill dan dihapus di system32.

Tinggalkan Balasan

