Sampai kapan warga Bandung Selatan akan selalu mengalami banjir?

Saya tinggal di Bandung Utara. Sudah beberapa hari ini hujan cukup deras tiada henti dari siang hingga larut malam. Kalau terpaksa harus keluar rumah, saya melihat aliran air yang sangat deras tumpah ke jalan-jalan yang miring ke arah selatan. Kontur Bandung yang semakin rendah ke arah selatan menyebabkan air terus mengalir ke selatan. Diperparah oleh semakin berkurangnya daerah resapan air. Setiap hari, semakin banyak tanah yang berubah menjadi beton dan aspal. Kemana lagi air akan mengalir kalau bukan ke Bandung Selatan yang justru merupakan kawasan pemukiman yang sangat padat?

Tidak perlu jadi paranormal untuk meramalkan banjir di Bandung Selatan. Tidak perlu juga menjadi ahli lingkungan. Hanya gunakan logika sederhana bahwa air itu semua menuju ke selatan dan hanya sedikit yang terserap di perjalanan. Benar saja, dalam beberapa hari ini koran-koran memberitakan banjir di dearah Bandung Selatan.

Sampai kapan kita semua akan membiarkan ini terjadi? Sampai kapan Pemkot akan menambah terus area beton menggantikan tanah-tanah yang masih kosong yang seharusnya dapat menjadi resapan air? Sebagai pribadi, saya sendiri tidak tahu apa yang harus saya lakukan untuk membantu, kecuali mempertahankan atau menambah area resapan air di rumah saya.

Konon 2011 Bandung Selatan bisa bebas banjir?!  Teoritis mungkin ya, tapi melihat ketidakseriusan pemerintah menangani berbagai hal-hal yang seharusnya sangat penting, saya agak pesimis. Selain dana yang tidak sedikit, upaya penanganan banjir perlu dukungan berbagai pihak, konsistensi, dan keseriusan menangani akar permasalahan yang menjadi penyebabnya. Alih fungsi kawasan punclut menjadi pemukiman atau tempat bisnis masih kita saksikan sampai sekarang. Padahal itu adalah bagian dari solusi kunci untuk mencegah banjir tersebut. Masih banyak lagi contoh pembangunan/perusakan/pengalihan fungsi yang mendukung lebih hebatnya banjir.

Bagaimana menurut anda?

Bacaan terkait:

  1. http://republika.co.id/berita/33165/Banjir_di_Bandung_Selatan_Makin_Tinggi
  2. http://regional.kompas.com/read/xml/2009/02/06/20441841/Bandung.Selatan.Bebas.Banjir.Akhir.2011..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s