Keyboard laptopku ketumpahan ‘Hot Chocolate’

Sekitar seminggu yang lalu, secara tidak sengaja keyboard laptop saya ketumpahan ‘hot chocolate’. Awalnya dua tombol tidak berfungsi, yaitu tombol panan kanan dan panah bawah. Walaupun hanya dua, tapi terasa betul mengganggunya dan mengurangi produktivitas kerja. Saya juga tidak bisa men-set agar tampilan layar lebih terang, karena untuk men-setnya perlu menekan tombol FN bersamaan dengan tombol yang tidak berfungsi tadi. Hari ini, kerusakan menjalar ke spacebar dan huruf m.

hot-chocolate

Sementara, saya tempuh solusi dengan menancapkan keyboard external via USB. Tapi kalau perlu mobile, repot juga dengan sejumlah tombol yang tidak jalan. Laptop saya Acer 6292. Saya tahu solusi sederhananya adalah membawa ke Acer Service Center. Tapi biasanya laptop harus ditinggal beberapa hari atau bahkan lebih lama. Satu hal yang harus saya hindari!

Ada yang punya saran solusi cepat ???

[UPDATE SETELAH LEBIH DARI SETAHUN]

Sejak ketumpahan coklat tersebut, beberapa tombol keyboard saya tidak bisa dibetulkan karena kontaknya sudah rusak. Dan akhirnya, laptop tersebut sudah lebih dari setahun tidak pernah berhenti menyala di meja kerja saya dengan keyboard eksternal, monitor eksternal 24 inchi, dan sederet harddisk eksternal dengan total kapasitas 6 Tera Byte. Boleh juga nih kehandalannya si Acer, walaupun hembusan udara dari prosesor terasa cukup panas, tapi hampir tidak pernah sampai ngadat atau HANG!

19 thoughts on “Keyboard laptopku ketumpahan ‘Hot Chocolate’

  1. wah,, saya juga pernah pak leptop kena air & kibortnya ga erfungsi sebagian. solusinya yaaa,,, same sekarang juga belum diservis & [pake keyboar tambahan ky dipoto itu, hwehehe.. tapi keyboard externalnya saya pake yg kecil, jadi kalo dibawa-bawa juga ga terlalu masalah.

    solusi lain yaa beli yg baru. he2, maap ga punya solusi yg baik

  2. Punya saya 6291, Pak. Sama, pernah ketumpahan minuman dan mati 5 tombol.

    Kalau mau ga pake jalur service center sebenarnya bisa 1 jam kok. Waktu itu saya ganti di Ratu Plaza (tempatnya persis di sebelah acer service center) dan kebetulan suku cadangnya sedang ada. Langsung diganti di tempat. (saya ga tau apakah ganti keyboard bisa bikin garansi ilang atau ga).

  3. Gampil kang eta mah, sim kuring oge kantos. carana buka we heula kbna pisahken tina bodi tuluy sebrot ku cai lalaunan (sebrotan alit lah), tah geus kitu poekeun atawa di angin angin ngarah garing, geus yakin garing terapken deui we. Insya Allah sae deui geura.

  4. wah mas…sy juga sama kejadian nya.br2 ini lg.cman kna air mnum si.klo boleh tau d apain y mas tombol yg g jalan itu?klo sy tombol kanan,bawah,kiri n page down nya g jalan.cuma 4 tombol si.tp sangat risih klo lg ngetik uy!!mohon bntuan nya y mas…trims

  5. Om.. om..
    Acer TM 6292 saya kejatuhan bara rokok, 2 button keyboardnya meleleh. gara – gara meleleh, buttonnya jadi agak ngganjel
    Kira – kira buttonnya bisa di copot gak ya? buat ngeratain lelehan yang ada di bawah tutsnya?
    Mohon bantuannya..
    .

  6. aduh kalo gue punya tombol ” I ” nya meleleh kena api rokok….apa ada yang jual nga????hikss…..cuma satu doank yang meleleh…..kira kira ada nga ya???

Tinggalkan Balasan

