“Jumlah Hari Libur” adalah Ukuran Kebahagiaan…

Beberapa hari yang lalu, dalam satu kesempatan makan siang bersama, saya dan kawan-kawan diskusi tentang “kebahagiaan” atau “hapiness”. Apa sebenarnya ukurannya jika kita merasa sudah happy dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Akhirnya, setelah diskusi panjang, semua sepakat bahwa:

ukuran kebahagiaan adalah berapa banyak hari libur dalam seminggu yang bisa dinikmati….
makin banyak tentunya makin bahagia ….

Seseorang yang terlalu sibuk, walaupun uangnya banyak, tetapi hampir tidak punya hari libur, itu tidak bahagia menurut kesepakatan kami ….

Nah, lalu diskusi bergeser, apakah yang dimaksud libur adalah libur kerja? tidak ke kantor?
Sekali lagi, setelah diskusi cukup panjang, akhirnya sepakat dengan definisi kedua tentang definisi libur.

Libur adalah hari dimana kita dapat menentukan apa yang ingin kita lakukan tanpa ada tekanan pihak lain atau keterpaksaan…..

Diam di rumah, tidak ke kantor, tapi masih memikirkan pekerjaan, itu BUKAN libur ….

Hari libur adalah hari dimana secara murni kita bisa tentukan sendiri maunya kita. Mau tidur, ok! Mau mengerjakan sesuatu yang berat, silakan, asal tanpa tekanan dan menyenangkan buat kita…., mau jalan-jalan menenteng kamera, ok! Apapun, yang penting bebas dan membuat kita happy! Bahkan pergi bersama keluarga, jika itu sifatnya menjalankan kewajiban, tidak bisa disebut libur….

So, kembali ke topik diskusi waktu itu, seseorang dikatakan lebih HAPPY dari orang lain, jika dia punya waktu libur lebih banyak dari orang lain, dengan definisi libur seperti yang disebutkan di atas…..

Berapa banyak hari libur anda????
Jangan-jangan tidak ada ya???

Iklan

14 thoughts on ““Jumlah Hari Libur” adalah Ukuran Kebahagiaan…

  1. Ada satu yang agak aneh nih…
    kalimat “ingin melakukan apa yang kita inginkan” dan kalimat “Diam di rumah, tidak ke kantor, tapi masih memikirkan pekerjaan, itu BUKAN libur ….” apa ga bisa bertentangan??

    Jadi misal seorang dosen ITB saat di rumahnya memikirkan bertemu mahasiswanya untuk beriskusi di kelas, karena itu HAL YANG DIINGINKAN, tapi itu juga pekerjaan dia!! Itu termasuk libur ga yah??

  2. Waduhh..awalnya saat mulai pensiun bingung, karena biasa sibuk. Jadilah ngeblog..lha begitu tahu saya ngeblog teman2 protes dan nawari kerjaan…dan sekarang saya merindukan saat-saat menikmati hari libur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s