Misteri Kinerja Jaringan Untuk Layanan Blackberry

Saya pernah pake layanan 3G/HSDPA dari sebuah operator besar di Indonesia. Pada awalnya, kinerjanya mantap, lambat laun kinerjanya parah dan makin parah. Akhirnya terpaksa saya tutup, karena saya selalu bayar bulanan untuk koneksi yang hampir tidak pernah bisa saya pakai. Saya yakin laptop dan modem yang saya gunakan baik-baik saja, karena device yang sama saya gunakan di awal langganan, kinerjanya luar biasa.

Lalu akhirnya saya hanya mengandalkan kartu matriks yang nomornya memang sudah lama saya pakai sebagai nomor tetap telpon saya. Beberapa kali ganti handset, kinerja komunikasi datanya tidak pernah memuaskan, bahkan bisa dikatakan menyebalkan. Untuk cek email saja setengah mati.

Akhirnya saya mencoba blackberry. Saya gunakan kartu matriks yang sama. Nah anehnya, kinerja akses internetnya jauh lebih mantap….., saya bisa browsing dengan lancar…..

Ada yang tahu, kenapa bisa begitu??? He3x….

12 thoughts on “Misteri Kinerja Jaringan Untuk Layanan Blackberry

  1. Pak Arry, pertanyaan bapak ini pendek tapi butuh waktu 1 thesis master untuk menjawabnya….
    Sy tidak berani menjawab, tapi hanya sedikit memancing rekan lain untuk ikut berdiskusi.
    Menurut sy, ini terkait dg 1)device(prosesor), 2)software/platform, 3)model jaringan, serta 4)customized end-user profile oleh operator.
    Untuk 1,2,3 sebagian bisa dibaca di slide dan pdf berikut. Sedangkan untuk no4, sepertinya pelanggan Blackberry telah ditandai oleh operator sebagai pelanggan dengan profil yg lebih tinggi dibanding pelanggan average(tdk pake BB). Proses dan Prioritas bisa di setting secara berbeda oleh operator untuk pelanggan dg device BB.

    http://www.rim.com/symposium/press/pdf/BlackBerry_Mobile_Data_System_4.pdf … Read More

    http://www2.tech.purdue.edu/cit/Courses/CIT425/Reading/Week%2011%5CWeek3.ppt

  2. koneksi bb membuka secure VPN ke BIS server di eropa. dari handset bb hanya ada satu koneksi yaitu https ke server BIS ini dimana koneksinya dikompres dengan kompresi BB yang katanya hebat itu, jadi lebih kecil datanya. indosat membedakan koneksi ke BIS server untuk bb dengan koneksi ke global internet lain untuk GPRS (3G) datanya.. jadi BBnya kerasa lebih kenceng.. cuma ga tau tuh bentar lagi, karena denger-denger indosat ngeluarin paket hemat bb seharga 59.000/bulan.🙂

  3. kemungkinan sie APN untuk BB berbeda dengan dengan APN yang dipakai handset biasa. mungkin karena jumlah session access dengan APN khusus untuk BB lebih kecil daripada APN biasanya, maka % accessibility-nya lebih besar

  4. Kawan saya kalau ke Singapura biasa membeli voucher koneksi internet 3G. Seharian bisa menggunakan internet tanpa batas dg kecepatan 150-200 Kbps. Alhasil bisa dpt 8 GB film hsl download. Saya menggunakan paket unlimited salah satu operator lokal terbesar di Indonesia rata-rata cuma dpt 10-15 Kbps/hari. Diakumulasikan selama sebulan pun tdk bakalan dpt mendownload 8 GB krn baru mencapai 2 GB langsung kecepatannya melambat drastis sampai tdk bisa browsing sama sekali. Kalau sdh begini, memulai koneksi pun susah sekali.
    Saya pikir hrs ada regulasi yg mengatur ttg kualitas minimum pelayanan.

  5. Kalo di hape saya (G700) sebenarnya ada BB access. Namun saya ga tau cara pakenya. Terus pake IM3 juga ga support BB access. Padahal pake simpati bisa lho. Mungkin ada jaringan tersendiri untuk komunikasi datanya itu pak. CMIIW

  6. Bb dan BB Internet Services, karena pangsa pasar dan jumlah usernya kian menanjak, mau tidak mau si operator mesti mengalokasikan bandwidth tersendiri.. ditambah lagi dari sisi vendor membangun teknologi BB Platform dengan serius dan diadopsi secara aktif oleh pihak operator, yang mau tidak mau.. menggeser alokasi si HSDPA Deployment.. ah, namun demikian itu cuma pendapat pribadi saja kok.. meski teman2 di telco sering berkata demikian..

    Salam hangat dari afrika barat, BB disini masih bukan “BLekBerrY” namun –> Bau Badan😀

Tinggalkan Balasan

