Alarm Rumah Murah (tapi Canggih) dari Cina

Seminggu yang lalu saya ada kesempatan untuk ikut ke Shenzhen, Cina. Kebetulan, saya sedang butuh alarm rumah. Jadi target utama saya disana adalah hunting alarm yang canggih tapi murah. Tentunya itu adalah dua kriteria yang bertentangan yang sulit dicari. Tapi ternyata, tidak demikian di Shenzhen. Dengan hanya 280 Yuan (1 Yuan = Rp 1.300) saya dapat sebuah paket kontroler yang bisa terhubung ke jaringan GSM, 1 buah sensor PIR (Passive Infra Red), satu buah sensor switch magnetik, dan dua buah remote control seperti remote mobil. Sensor dengan kontrolernya terhubungan tanpa kabel. Kontrolernya sudah dilengkapi dengan rechrgable batere internal. Benar-benar praktis memasangnya.

Setiap kali ada event/kejadian alarm aktif, kontroler akan memberi tahu kita melalui SMS dan/atau telepon. Kita bisa tahu, dari alarm no berapa kejadian itu terjadi. Bahkan, beberapa nomor bisa diberi label pesan, sehingga bisa saja kita menerima SMS dengan bunyi “pintu depan terbuka“.

Tentunya dua buah sensor tidak cukup, saya coba minta tambahan sensor PIR dan sensor switch magnetiknya. Kaget juga, sensor PIR wireless, include batere kontak hanya 25 Yuan per unit, sedangkan sensor switch magnetik wireless hanya  9 Yuan per unit. Akhirnya ngeborong sensor tambahan hampir 10 unit, dan sekarang semua sudah terpasang di rumah.

Fitur tambahan lainnya:

1) Bisa mendengar apa yang ada di rumah melalui saluran telpon

2) Bisa mengontrol ON/OFF 3 buah device eksternal melalui SMS

3) Bisa arm/disarm hanya sensor tertentu saja

Cina memang hebat. Tidak sekedar memberikan solusi murah, tapi juga kaya dengan berbagai fitur yang bermanfaat.

41 thoughts on “Alarm Rumah Murah (tapi Canggih) dari Cina

  1. usul pak… bagaimana jika salah satunya dibongkar lalu dilakukan desain ulang, kemudian untuk produksi lokal pak… masih belum ada yang memikirkan seperti itu di Indonesia pak…

  2. Apa kabar pak?

    Ha3x…. percuma pak, tidak akan sanggup membuat lebih murah dari Cina. Persoalannya, infrastruktur industri pendukungnya di Indonesia lemah….., sehingga kecenderungan ada komponen langsung dan tidak langsung yang harus impor dan menyebabkan harganya jadi tidak bersaing…..

    Kalau mau benar-benar tidak ada ketergantungan impor, salah satu yang harus didorong keras adalah industri software dan konten. Tapi penegakan hukum untuk melindunginya lemah, sehingga membuat developer dalam negeri menjadi tidak bersemangat ……

  3. Enggak mungkin lagi lah disini bisa membuat alat elektronik secanggih itu, wong dulu ada pabrik semikonduktor asing seperti pt Ness udah hengkang.
    Indonesia kayaknya di design agar menjadi negri konsumsi. betul kita bisa buat alat, tapi harganya ……….tidak bisa bersaing.
    Jadi pandai pandailah memilih pemimpin kita.

  4. salam sejahtera selalu
    saya tertarik dgn artikel yg bp tuklis mengenai alarm cina murah, katagori murah itu berapa harganya dan apa saya bisa pesan lewat bp
    terima kasih
    salam

  5. mohon info tentang alarm rumah yg dimaksud, kalau sy punya jendela 18 buah dan pintu luar 4
    yg saya tanyakan :
    1. Berapa jumlah/jenis apa yg harus dibeli
    2. Kemana dan berapa harganya (Rp.)
    Terima kasih

  6. ODS = Adalah Pengaman kendaraan bermotor yang bekerja secara otomatis dengan menggunakan TOUCH System , Tetap aman jika kunci kontak tertinggal.

    KETERANGAN = Bekerja secara Ototmatis
    Dapat mengantisipasi dalam keadaan darurat
    pemasangan tidak pada CDI dan IGNITION COIL
    Dalam posisi parkir tidak ada Strum yang terpakai sehingga UCCU tetap awet
    Bisa dipasang di kendaraan Motor apa saja.
    Saat ini ada jutaan motor yang beredar di Indonesia. Luar Biasa! Motor sudah benar-benar menjadi kebutuhan hidup. Seiring meningkatnya permintaan masyarakat terhadap motor, secara otomatis kejahatan curanmor pun ikut meningkat. Untuk itulah ODS ALARM, Hadir memberikan solusi terbaik guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap motor anda.

    Ikutan Nimbrung Ya Bos, apa bila ada yang membutuhkan Alarm Motor Bisa Kontak Saya : 085225335599 dg Aidan.

  7. Perusahaan kami sudah membuat…base sensor komunikasi 2 arah,alat listrik bisa di on-off dari hp dan mengetahui status keadaan rumah. Kebocoran gas,sensor gerak,sensor jendela dan pintu. Semua informasi terkirim by SMS ke Hp yang di daftarkan. Harga antara 2.250.000 (4 ch) – 4.000.000 (8 ch).
    Untuk yang berkeinginan tahu detail silahkan kirim email ke diexs.indarto@gmail.com

  8. Harga3- 4jt ??? Weleh2……..hanya cocok untuk rumah2 menengah keatas. yg pasti mikir2 100x bagi kebanyakan orang indonesia . Padahal yg penting segera keluar alarm kalo pintu dicongkel biar maling kabur karena tetangga pada datang. Tlpn/gsm tidak perlu karena “merepotkan” hrs tiap bulan isi pulsanya toh kalo lg jauh gak bisa ngapa2in. Sensor gerak bisa “merepotkan”, nanto ada kucing lompat malah alarm kita yg lagi jauh dari rumah dsms sama alarm , panik, ngebut pulang , bahaya bisa kecelakaan malahan padahal cuma ada kucing lompat. Jadi hati2 milih alarm , canggih bisa malah merepotkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s