Sebuah Komputer Canggih yang bernama NUSANTARA

Anda tentu tahu, sebuah komputer canggih yang bernama NUSANTARA. Silakan tanya Pak Google atau Pak Wiki, pasti mereka tahu semua. Ini membuktikan bahwa komputer ini sangat terkenal. Komputer ini prosesornya biasa-biasa saja, tapi sudah menggunakan arsitektur multi-prosesor yang canggih, sehingga jika operating system-nya mendukung, komputer ini bisa berjalan jauh lebih cepat dari super komputer manapun yang pernah ada di dunia. Saking banyaknya resources (prosesor, memori dan periferal) yang dimiliki komputer ini, anda bisa menggunakannya untuk menjawab kebutuhan apapun. Komputer ini juga punya fasilitas ramah lingkungan dan hemat energi, tapi karena firmware  untuk management energi-nya masih buruk, malah cenderung jadi boros energi.

Banyak orang yang di berbagai belahan dunia suka dengan komputer ini, karena selain canggih, komputer ini juga memiliki tampilan yang cantik dan beraneka ragam. Iphone atau iPad sih sebenarnya kalah jauh dari komputer NUSANTARA ini…. Casing nya ada yang bermotif batik, tenun ikat dan sebagainya…. membuat ibu-ibu percaya diri membawanya kemana-mana. Salah satu yang menarik adalah screen savernya yang memperlihatkan berbagai keajaiban dunia yang bisa kita pilih. Ada candi terbesar di dunia yang bernama Borobudur, ada juga salah satu binatang purba yang disebut KOMODO.

Sayangnya, sampai hari ini, begitu banyak virus yang mudah masuk ke dalam komputer ini dan belum ada anti virus yang bisa menanganinya dengan ampuh. Bahkan virus yang sudah lama ada pun hanya bisa dideteksi samar-samar keberadaannya, tetapi tidak bisa dihapus dari komputer hebat tersebut. Memang sungguh disayangkan, padahal banyak pihak yang sudah ingin sekali menikmati kehebatan komputer tersebut ……….

Andai anda salah satu pemakai komputer hebat tersebut, lantas apa solusinya? Jangan punya pikiran untuk beralih ke komputer yang lain. Percayalah, tidak ada komputer yang lebih baik dari komputer yang satu ini di dunia. Memang harus hati-hati sekali menggunakannya. Apa yang harus anda lakukan agar komputer ini bisa berjalan dengan baik? Tadi malam saya dapat ide, supaya komputer canggih ini bisa berjalan dengan baik, maka urutan langkah berikut harus kita lakukan dengan sangat hati-hati:

  • Format ulang harddisk-nya …………
  • Kaji, apakah mau menggunakan Operating System (OS) sebelumnya, atau ganti OS. Mungkin OS Open Source lebih handal, karena lebih transparan code-nya, sehingga lebih banyak pihak yang bisa membantu kalau ada BUG didalamnya yang harus diperbaiki
  • Setelah yakin OS mana yang kita akan pakai, segera lah install OS tersebut dalam harddisk yang baru kita format
  • Jangan langsung install aplikasi, tapi paling tidak, install dulu hal-hal berikut:
  1. Pasang Anti virus global, siapa tahu ada virus-virus global yang akan merusak sistem kita, atau ada spyware global yang masuk ke dalam sistem kita
  2. Pasang Anti virus lokal, karena anti virus global sering tidak bisa mendeteksi virus lokal yang mungkin lebih ganas dari virus global
  3. Pasang berbagai aplikasi monitoring agar semua pembuatan file, penghapusan file, manipulasi file oleh virus bisa kita monitor dan bisa kita trace ulang
  • Install ulang aplikasi

Nah, Insya Allah, setelah mengikuti prosedur tersebut, komputer NUSANTARA tersebut akan berjalan lebih baik…………..

Oh ya, ada beberapa tambahan lagi:

  • Jangan lupa backup secara berkala data-data penting kita. Banyak virus yang mungkin akan menghancurkan data/transaksi penting. Backup-nya jangan satu dan jangan disimpan di satu tempat, mungkin pengelola tempat backup tersebut bukan pihak yang layak kita percayai …..
  • Menyadari hebatnya komputer tersebut, banyak aplikasi yang dibuat oleh berbagai pihak yang ditawarkan untuk dijalankan di komputer, bahkan sebagian aplikasinya bersifat FREEWARE.  Hati-hati, jangan sembarangan install aplikasi baru. Sebaiknya kaji dulu dan tanya dulu ke berbagai pihak sebelum aplikasi baru kita install di komputer kita. Banyak aplikasi yang dicurigai ada spyware di dalamnya atau membuat proses-proses tertentu di komputer kita jadi terganggu ….

Konon ada sebuah negara bernama NUSANTARA juga …………., mungkin terapi yang dapat diterapkan untuk komputer canggih ini bisa digunakan juga untuk negara tersebut supaya menjadi negeri yang lebih adil, makmur, dan sejahtera …

Salam,

Arry Akhmad Arman

(fans berat komputer NUSANTARA)

21 thoughts on “Sebuah Komputer Canggih yang bernama NUSANTARA

  1. wah, langkah-langkahnya sudah dilakukan Pak..

    Format ulang harddisk-nya diimplementasi dengan pengalihan isu

    ganti OS. udah diganti Pak, cuma sepertinya masih dari vendor yang sama dan lebih lambat dan menuntut lebih banyak resource (seperti dari XP ke Vista kalo di PC) walaupun beberapa fungsionalitas untuk self-monitoring udah agak jalan..

    kan dulu sempet nyobain OS yang monolithic selama 32 tahun, abis itu nyobain yang micro-kernel tapi ternyata cuma bertahan sebentar karena belum siap jadi kacau beliau..

    sekarang trendnya lagi hybrid.. mungkin seharusnya kita pakai RTOS dan disusun jadi sistem terdistribusi?

  2. Langkah-langkah sudah mantap tuh Pa, cuman kalo saya boleh tambah idenya, bukan komputer nusantaranya yang harus didesain ulang, mealinkan pengguna komputernyalah yang harus didisain ulang arsitekturnya. Karena saya pikir komputer nusantaranya sudah ok banget, cuman penggunanya banyak yang “sesat”. Wallohualam.

  3. saya cenderung tetap pake OS yang sederhana supaya transparansi proses lebih mudah di-trace ketika ada trouble. Resourcenya sudah demikian hebat.

    Pak Udin, sebenarnya user tidak ada masalah, bahkan user maunalnya menurut saya sudah lengkap sekali. Persoalannya justru service-nya yang sangat buruk, sehingga ketika user mengikuti urutan langkah yang sudah dianjurkan dalam user manual akan tetap kecewa jika penyelesaiannya harus melaibatkan layanan dari vendor.

    Nah, karena service buruk, akhirnya banyak pihak ketiga yang coba-coba memanfaatkan peluang untuk menawarkan solusi cepat….. itu yang jadi biang keladinya…..

  4. Problemnya BIOS komputer ini jadul, tidak bisa support boot up via usb. Padahal tidak ada CD ROM nya, parahnya lagi hardisknya model jadul banget, susah nyari HD nya. Kalau begini gimana me-formatnya coba? Bagaimana cara ganti OS-nya ?

  5. Kalau programernya tidak mengerti hardware sulit tuh,pasti sofwarenya gak dukung. datanya banyak yg korupted alias dimanipulasi, makanya komputernya “heng” melulu.
    Komputer Nusantara ini enggak pernah berjalan mulus, enggak usah di hek dari luar juga sering heng .kebanyakan virus dari para programer amatiran.

  6. Saya Kurang ngerti tuh istilah perkomputeran, namun kita tahu komputer NUSANTARA ini kan amanah yang dititipkan pada kita untuk dikelola dengan baik, jangan lupa kita-kita ini kan kholifah di bumi ini. Nah Sang Pemberi Amanah sudah ngasih tuh PEDOMANNYA, JUKLAKNYA dan CONTOH TAULADANNYA, mari kita renungkan, keberadaan kita ini bukanlah mau kita, diri kita ini aja bukan milik kita, apa lagi yang menumbuhkan kuku dan rambut kita bukan mau kita, dan juga kita harus ingat dan ngerti NUSANTARA ini bukan hasil kerajinan NENEK MOYANG kita, Semuanya adalah Pembirian dari Sang Maha Pemberi dan Pencipta. tinggal kita ini MAU atau TIDAK untuk mengikuti (OS) yang sudah diberikan oleh Sang Maha Kasih, Maha Mengetahui, Maha Bijaksana dan Maha Segalanya. Tapi kita ini masih ada rasa sombongnya, berlagak lebih Pinter dari pada Yang Maha Pinter, buktinya mengakui ada OS lebih baik dari OS nya Sang Pencipta dan bukti lain, masih ada sombongnya kita ada sebagian kaum hawa ada menyatakan mengenai tubuhnya, ini kan badan-badan saya sendiri, saya pamerkan dimana saja dan kapan saja terserah saya, katnya, lantas pertanyaan, kapan dia bisa bikin dirinya sendiri ?. Ma,af bila ada yang kurang berkenan. tks banget.

  7. OSnya bisa menggunakan sistem operasi linux dengan distro (distribusi) buatan lokal misal Blankon (basis Ubuntu), IGOS Nusantara (basis Fedora), Kuliax (basis Debian), Dodolinux (basis Ubuntu), dll, atau distro linux luar negeri.

    OS manapun ada kelebihan dan kekurangan, tp sejauh yang saya ketahui, Linux lebih tahan terhadap virus dan stabil, open source lagi.

    CMIIW.

  8. Akhirnya aku paham juga maksud Pak Arry disini, Filosofinya tinggi banget pak untuk paham maksud “komputer NUSANTARA” harus baca dengan seksama.

  9. Muantab pak…
    G beres2 klo ngurusin dunia. ngurusin Akherat ajalah (apapun yg terjadi berserah diri kepada Allah SWT)
    Insya Allah klo mati tidak akan menyesal… Amin🙂🙂🙂
    go go go………………..

  10. wah saya baru tau mas ada komputer yang namanya nusantara kalau os garuda saya tau mas buatan orang indonesia yang buat dari kernel linux

    nice info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s