Masih Adakah Lampu 5 Watt ???

Jika bicara lampu 5 Watt, maka di kepala banyak orang akan terpikir sebuah lampu biasa dengan ukuran relatif kecil dan sering dipakai sebagai lampu tidur. Beberapa orang kadang berpikiran untuk memilih lampu tersebut untuk kebutuhan yang tidak perlu terlalu terang, tetapi ingin hemat energi.

Jika anda masih membeli lampu tersebut untuk tujuan hemat energi, maka harus hati-hati!

Sudah beberapa tahun terakhir ini, rasanya sudah sangat sulit mencari lampu pijar yang benar-benar 5 watt. Tapi, menariknya, lampu seukuran yang dulu adalah lampu 5 watt masih tetap mudah dicari. Entah siapa yang duluan memulainya, tapi saya lihat ada kecenderungan yang sama untuk semua lampu jenis tersebut untuk semua merk. Sebagai contoh, saya tampilkan lampu merk Philips. Pada dus luarnya, tertulis cukup besar “SI AWET 5”, isinya ternyata lampu 15 watt. Orang yang tidak memperhatikan, mungkin akan berpikiran lampu tersebut adalah lampu 5 watt, dan jelas, tujuan hemat energi nya jadi tidak tercapai…. Hal tersebut tampaknya dilakukan oleh beberapa merk yang lain, selain Phillips.

Memang dalam hal ini tidak ada unsur penipuan. Tidak ada pernyataan yang menyatakan lampu tersebut adalah 5 watt. Tapi, menurut saya, akan lebih baik jika dibuat agar pernyataannya tidak membingungkan,atau menyebabkan salah interpretasi. Mengapa tidak “SI AWET 15” ???? Lebih jelas!!!

Bagaimana menurut anda???

Salah satu kemasan lampu 15 Watt dengan label "Si Awet 5"

Salah satu kemasan lampu 15 Watt dengan label "Si Awet 5"

Data teknis "15 watt" tertulis pada lampu

Data teknis "15 watt" tertulis pada lampu

Iklan

17 thoughts on “Masih Adakah Lampu 5 Watt ???

  1. ternyata benar!
    Saya belakangan ini menggunakan lampu philips kecil yang saya pikir 5W untuk dmasukkan ke lampu tidur yang dipasang di dinding. Saya sempat agak heran kok kayaknya terlalu terang untuk 5W, sampai saya simpan satu lampu yang sudah mati untuk saya ambil fittingnya, rencananya mau diganti dengan LED.
    Saya pernah baca katanya bikin bohlam dengan watt kecil itu susah, dan 5W adalah watt paling kecil yg bisa dibuat.

  2. bagaimanapun, era lampu bohlam telah digantikan ama lampu “hemat energi” yang notabene lebih terang. namun tetap saja lampu bohlam banyak di cari karena kecil dan temaramnya itu.

    Emang paling cocok buat di kamar, pa lagi bagi sebagian orang yg takut gelap, bohlam 5 watt sudah menjadi kebutuhan

  3. mending philips masih mencantumkan 15 W nya, yg lain boro2,…sy pernah mengukur lampu beberapa produsen yg ada label 5 nya (W nya entah jatuh dimana?), hasilnya ???? wow….ada yg nyampe >20W. kacian konsumen…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s