Satu Lagi, Bukti Kepedulian Bandung Untuk Dunia Pendidikan

Bandung terkenal sebagai pusat kreativitas. Walaupun tidak dipublikasikan secara terbuka, beberapa orang dari kota Bandung yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan meluncurkan situs CrayonPedia (http://www.crayonpedia.org). Satu situs ensiklopedia terbuka yang dibangun menggunakan engine wikipedia.

Peluncuran situs tersebut diharapkan dapat memicu konten-konten pendukung pendidikan, terutama pendidikan dasar dan lanjutan di Indonesia, karena konten-konten seperti yang berbahasa Indonesia masih sangat terbatas jumlahnya. Masih dalam pengembangan, tapi situs tersebut sedang dipersiapkan untuk menjadi situs yang bisa ‘berbicara’, menggunakan teknologi Text to Speech Bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Dr. Arry Akhmad Arman dari ITB. Dengan teknologi tersebut, isi pengetahuan dari situs tersebut dapat diakses pula oleh saudara-saudara kita yang tunanetra.

Pendirian situs tersebut terutama diprakarsai oleh Bapak Hemat Dwi Nuryanto DEA, dengan dukungan dari Dr. Arry Akhmad Arman, Dr. Estiyanti Ekawati, dan beberapa rekan lainnya dari Zamrud Technology dan IGOS Center Bandung. Semoga akan lebih banyak lagi ide-ide kreatif yang bermunculan dari Bandung untuk menyinari dunia pendidikan di Indonesia.

Dikutip dari https://kupalima.wordpress.com/2008/05/03/satu-lagi-bukti-kepedulian-untuk-dunia-pendidikan/

11 thoughts on “Satu Lagi, Bukti Kepedulian Bandung Untuk Dunia Pendidikan

  1. Ping-balik: Satu Lagi, Bukti Kepedulian Bandung Untuk Dunia Pendidikan « Bandung Independen

  2. KOE MENANTIKAN SANG SYINAR…..MENUNJUKAN

    KEEPAWAEANNYA ,KEMAHIRANNYA
    ,

    KEBOLEHANNYA….KE…KE…..KE….DAN MASIH BANYAK LAGI ..

    KE …… NYA…

  3. saya sangat terharu, menurut saya ini ide yang sangat bagus. mudah – mudahan kedepannya para pengisi konten mendapat reward yang sepadan dengan konten materi yang di kembangkan.

    semoga isi kontent dapan menjadi lebih variatif

  4. wah semangat pendidikan nyabagus sekali .Memang enak dengan media wiki banyak orang tutur ambil bagian jadi belajar dua arah bukan hanya searah memang sistem pendidikan yang bagus
    moga2 nambah terus nih artikelnya di crayonpedia…..
    @Masih dalam pengembangan, tapi situs tersebut sedang dipersiapkan untuk menjadi situs yang bisa ‚Äėberbicara‚Äô, menggunakan teknologi Text to Speech Bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Dr. Arry Akhmad Arman dari ITB.

    Ditunggu lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s