Pervasive Computing

Pervasive Computing sebetulnya bukan istilah baru. Sudah cukup lama istilah itu akrab terdengar di dunia IT. Apa sebenarnya Pervasive Computing? Orang sering menafsirkan Pervasive Computing kurang tepat, dianggap sebagai teknologi baru atau teknologi komputer masa depan yang menjanjikan berbagai kemudahan.
Pengertian kata “pervasive” sendiri adalah “meresap“. Definisi praktis yang berhasil saya rangkum dari berbagai definisi lain adalah sebagai berikut.

Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus.

žPervasive computing bukan teknologi, tetapi didukung oleh sejumlah teknologi yang setiap saat bisa berubah. Pengertian meresap dalam kata pervasive bahwa teknologi tersebut semakin menyatu kepada pemakai dan lingkungannya, sehingga kehadirannya semakin tidak terasa lagi, menjadi perangkat yang bukan khusus lagi dan tidak disadari kehadirannya oleh kita. Contoh paling sederhana adalah “telpon selular”. Setiap orang sudah tidak melihatnya sebagai suatu perangkat khusus, tetapi itu adalah bagian dari setiap individu di dalam masyarakat modern.

Dengan kemajuan teknologi user interface (speech recognition, text to speech) serta telekomunikasi wireless, perangkat-perangkat IT di masa depan akan semakin pervasive dengan usernya. Suatu waktu, anda tinggal memberikan perintah lisan untuk mehghidupkan televisi, mencari channel kesayangan, dan sebagainya.

Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan kembali, Pervasive Computing bukan teknologi, tapi suatu lingkungan.

Semoga bermanfaat!

About these ads

4 gagasan untuk “Pervasive Computing

  1. Ping-balik: Sistem Penjernihan Air di Rumah « Waskita Adijarto

  2. Ping-balik: Pervasive Computing | mahesaradityatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s